Ahad 21 Jul 2013 20:58 WIB

Perintis Jurnalisme di AS Meninggal Dunia

Helen Thomas
Foto: HBO
Helen Thomas

REPUBLIKA.CO.ID,Mantan koresponden Gedung Putih Helen Thomas yang meliput Presiden-presiden Amerika selama hampir 50 tahun telah meninggal pada usia 92 tahun.

Teman-teman dan kerabat kerja Helen Thomas mengatakan ia meninggal Sabtu dini hari (20/7) di kediamannya di sebuah apartemen di kota Washington DC.

Thomas adalah perintis bagi perempuan di bidang jurnalisme pada satu masa di mana laki-laki mendominasi profesi ini. Ia meliput setiap Presiden Amerika sejak Presiden John Kennedy. Presiden Obama, Sabtu (20/7) mengatakan, Thomas melapangkan jalan dan meruntuhkan hambatan-hambatan bagi jurnalis perempuan, dan juga membuat beberapa presiden, termasuk dirinya, bersikap lebih hati-hati.

Obama memuji “keyakinannya yang kuat” bahwa praktik demokrasi yang paling baik adalah kalau pertanyaan-pertanyaan yang alot diajukan sehingga pemimpin harus mempertanggungjawabkan tindakannya. Ia dikenal sebagai sosok yang acapkali mengungkapkan pendapatnya seputar isu-isu yang peka saat sesi tanya jawab dengan presiden sedang berlangsung dan disiarkan secara nasional lewat televisi.

sumber : VOA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement