Kamis 20 Jun 2013 23:41 WIB

Tips Merawat Kaktus Agar Tidak Busuk

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Mansyur Faqih
Kaktus Bunga Merah
Foto: WIKIMEDIA COMMONS
Kaktus Bunga Merah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat tumbuhan kaktus dinilai susah-susah gampang. Karena banyak orang yang berhasil menumbuhkan tanaman ini tanpa usaha yang berat. Namun ada juga yang selalu gagal karena pembusukan.

Saat ini, banyak tanaman kaktus dalam ukuran kecil yang menggiurkan untuk dibawa pulang. Bentuknya yang beragam dan warnanya yang hijau menyegarkan bisa menjadi salah satu objek perdana dalam belajar memelihara tanaman.

Pada dasarnya, harus diingat kalau kaktus adalah tumbuhan yang hidup di habitat kering. Jadi, ia memiliki kemampuan menyimpan cadangan air yang banyak di daunnya yang menggembung.

Kaktus adalah tumbuhan yang pintar memaksimalkan cadangan cairan di tubuhnya. "Jadi kaktus itu tidak perlu disiram setiap hari," kata pembudidaya Kaktus, Ude, kepada Republika di Jakarta, Rabu (18/6).

Menurutnya, kaktus cukup disiram di bagian tanahnya dengan jumlah secukupnya. Tidak usah terlalu basah. Ketika tanah sudah mulai mengering, baru disiram lagi.

Uden menuturkan, banyak orang yang senang menyiramnya setiap hari sehingga airnya berlebih. Namun, akhirnya kaktus menjadi busuk karena terlalu banyak mengandung air.

"Siramnya bisa sepekan sekali saja," kata dia. Bahkan, tambahnya, ada kaktus yang sebulan tidak disiram tapi tetap hidup dan tumbuh lebih bagus. Selain itu, sebaiknya simpan kaktus di tempat kering. Jangan lupa membersihkan pot dari segala macam kotoran dengan teratur. Maka, kaktus ini bisa tumbuh cantik dengan daun yang menggembung lucu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement