Ahad 02 Jun 2013 10:19 WIB

Peraih Emmy Award, Jean Stapleton Tutup Usia

Aktris peraih Emmy Award, Jean Stapleton, meninggal dunia.
Foto: in.reuters.com
Aktris peraih Emmy Award, Jean Stapleton, meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Aktris peraih Emmy-Award Jean Stapleton, yang paling dikenal untuk perannya sebagai Edith Bunker di serial televisi terobosan tahun 1970-an "All in the Family," telah meninggal pada usia 90, kata anaknya pada Reuters, Sabtu (1/6).

Stapleton meninggal Jumat karena sebab alamiah di rumahnya di New York City, kata aktor film dan sutradara televisi John putch dalam satu pernyataan tertulis yang dirilis kepada Reuters. Aktris ini memenangkan tiga Emmy untuk perannya sebagai istri yang lama menderita, bermulut keras, Archie Bunker, yang dimainkan oleh almarhum Carroll O'Connor, dalam hit sitkom TV.

Stapleton muncul di "All In The Family" pada kurun 1971-1979, dan melanjutkan perannya untuk sementara waktu di tahun 1979 dalam acara "Archie Bunker Place." Artis kelahiran New York, Stapleton memiliki cinta seumur hidup dengan dunia teater dan panggung peran setelah "All in the Family" termasuk bagian dalam kebangkitan Broadway 1987 saat bermain "Arsenic and Old Lace."

Pada tahun 1990, ia menerima Obie Award surat kabar Village Voice untuk penampilannya di drama Harold Pinter "Mountain Language" dan "The Birthday Party."

Setelah menghabiskan beberapa tahun tinggal dan bekerja di Los Angeles, Stapleton kembali ke New York pada tahun 2002 untuk menetap di kota kelahirannya itu. Dia meninggalkan seorang putranya, John Putch, dan putrinya, produser televisi Pamela Putch. Suaminya, William Putch, meninggal pada tahun 1983.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement