Kamis 30 May 2013 21:21 WIB

Kader NU dan PKB Diminta Tonton Film 'Sang Kiai'

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Hazliansyah
Film 'Sang Kiai'
Foto: wordpress.com
Film 'Sang Kiai'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PKB Ida Fauziah meminta agar para kader Nahdlatul Ulama (NU) dan kader PKB mau menonton film “Sang Kiai”.

"Saya berharap dan meminta para kader mau menonton film ini sebab banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari kisah perjuangan Kiai Hadratus Syeikh Hasyim Asy’ari," katanya usai nonton bareng film 'Sang Kiai' di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis malam, (30/5).

Film ini, ujar Ida, menggambarkan lahirnya Indonesia berasal dari semangat keislaman. "Resolusi Jihad yang didengungkan Kiai Hadratus Syeikh Hasyim Asy’ari memberikan spirit bagi pejuang tanah air untuk memerdekakan Indonesia," ujar dia.

Dengan menonton film ini, kata Ida, para kader bisa meneladani nilai-nilai juang Islam yang mengajarkan melawan penjajahan. Makna jihad yang didengungkan Kiai Hasyim bisa digunakan saat ini untuk melawaan kemiskinan maupun menyelesaikan persoalan sosial yang ada di negeri ini.

"Jihad sendiri, jangan diartikan sempit. Jihad jangan dianggap seperti gambaran ektrim teroris, bukan itu,” ujar Ida.

Perjuangan Kiai Hasyim sungguh besar bagi kemerdekaan rakyat. "Perjuangan kita saat ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan perjuangan beliau dan para pahlawan yang rela mengorbankan harta benda, bahkan nyawa,” terangnya.

Film ini, lanjut Ida, sarat dengan makna dan bisa membangkitkan rasa nasionalisme. "Kami mengapresiasi film ini yang memberikan kesejukan di tengah gempuran masif film-film barat," kata Ida.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement