Selasa 21 May 2013 20:38 WIB

Pria Cina Beli Merpati Pacu Nyaris Rp 4 Miliar

Merpati Pacu
Foto: GLURICE
Merpati Pacu

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL--Beginilah salah satu cara orang kaya menghabiskan dui- Seorang pengusaha China membayar 310.000 euro atau sekitar 398.500 (Rp3,9 miliaran) dolar AS untuk membeli merpati pacu di Belgia. Angka itu memecahkan rekor dunia penjualan Merpati Belgia.

Catatan fantastis itu menjadi sorotan pertumbuhan minat Asia terhadap merpati pacu. Burung merpati yang dibeli adalah pemenang penghargaan. Bold--nama merpati itu dikembangbiakkan oleh warga Belgia penggemar burung dara, Leo Hehemans, yang dikenal sangat antusias pada merpati.

Ia menjual seluruh koleksinya sebanyak 540 burung merpati dengan harga 4,3 juta euro dalam lelang selama akhir pekan.

"Anda bisa membandingkannya dengan benda seni. Lukisan karya Picasso berharga jauh lebih tinggi dari karya seniman lain yang tidak terkenal. Sama dengan merpati ini," kata nikolaas Gyselbercht dalam situs pelelangan merpati PIPA pada Selasa (21/5).

Berhubung unggas tersebut masih sangat muda, warga China pemilik barunya dapat memanfaatkannya untuk berkembangbiak sedikitnya sampai delapan tahun lagi, ujar Gyselbercht.

Meskipun acara lelang itu menarik perhatian peminat dari 27 negara, sembilan dari 10 merpati pacu termahal dibeli oleh pelanggan dari China dan Taiwan, kata PIPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement