Selasa 30 Apr 2013 10:24 WIB

Hari Ini 1945 Adolf Hitler dan Eva Braun Bunuh Diri

Adolf Hitler dan istrinya Eva Braun
Foto: www.celebritysentry.com
Adolf Hitler dan istrinya Eva Braun

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini, 30 April 1945 diktaktor Jerman Adolf Hitler dan istrinya Eva Anna Paula Braun bunuh diri bersama di sebuah bungker di kota Berlin. Saat itu Tentara Merah Uni Soviet sudah berada di kota Berlin dan bersiap-siap menangkap Hitler.

Sehari sebelumnya setelah tengah malam 29 April, Hitler menikahi Eva Braun dalam sebuah upacara pernikahan kecil di ruang peta di Fuhrerbunker. Setelah sarapan sederhana bersama istri barunya, ia membawa sekretaris Traudl Junge ke ruangan lain dan mendiktekan wasiat dan kata-kata terakhir.

Peristiwa ini disaksikan dan dokumennya ditandatangani oleh para petinggi Nazi, Hans Krebs, Wilhelm Burgdorf, Joseph Goebbels, dan Martin Bormann. Sore itu, Hitler diberitahu tentang pembunuhan diktator Italia Benito Mussolini, yang mungkin mempertegas keinginannya untuk menolak ditangkap.

Pada 30 April 1945, setelah pertempuran jalanan yang sengit, ketika tentara Soviet berada satu atau dua blok dari Reichskanzlei, Hitler memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Ia menyuruh Braun menggigit kapsul sianida dan Hitler menembak dirinya.

Jasad mereka dibawa naik melalui pintu keluar darurat bunker ke kebun belakang Reichskanzlei yang sudah hancur, kemudian ditempatkan di sebuah kawah bom dan disiram bensin. Kedua jasad kemudian dibakar diiringi suasana pengeboman oleh Pasukan Soviet. 

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement