Ahad 21 Apr 2013 22:18 WIB

30 Bisnis Sampingan yang Bisa Dilakukan di Rumah (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Heri Ruslan
Berkebun dalam Pot (ilustrasi)
Foto: Lowes.com
Berkebun dalam Pot (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengangguran bisa menjadi ancaman bagi suatu negara. Namun, menjadi pengangguran bukan berarti  haruspasrah begitu saja dengan keadaan dan berdiam diri di rumah.

Setidaknya ada 30 bisnis sampingan yang bisa memberimu pendapatan lebih. Apa itu? Berikut dilansir dari the Guardian, Ahad (21/4).

15. Bisnis kembang

Jika anda mempunyai bakat bercocok tanam, khususnya bunga, maka anda bisa menjadikan rumah anda ladang bisnis sekaligus menjadikan rumah anda indah dengan kehadiran berbagai jenis tanaman berwarna-warni ini. Berbisnis kembang termasuk menjanjikan, anda cukup menyebarkan kartu nama anda dan menyiapkan mobil khusus untuk pengiriman pesanan bunga dalam jumlah banyak.

16. Menjadi DJ

Bekerja dimalam hari bisa memberikan anda sedikit efisiensi waktu disiang hari. Anda pun tak mudah merasakan lelah. DJ itu profesi yang relatif mudah untuk dipelajari selama anda mempunyai pengetahuan dan preferensi musik yang tinggi. Anda bisa mengaransemen music DJ dan menjualnya kepada pihak yang membutuhkan.

17. Konsultasi online

Bisnis konsultas online memang membutuhkan kesiapan lumayan panjang. Anda bisa mengikuti jejak jasmine Birtles, pendiri situs HYPERLINK "http://moneymagpie.com"moneymagpie.com yang bisa menghasilkan uang 12-15 poundsterling per jam di Inggris. Bisnis ini hanya membutuhkan selera kreatif anda laiknya seorang blogger.

18. Garage sale

Membuka garage sale cukup menguntungkan selama anda mempunyai jaringan informasi yang luas. Garage sale bisa misalnya dengan cara membuka penjualan satu hari baju-baju bekas, sepatu bekas, atau aksesoris bekas.

19. Berkebun

Berkebun di sini bisa dengan cara bertanam sayur atau buah di belakang rumah anda, jika anda memiliki halaman belakang yang luas. Sederhananya, banyak orang saat ini mencari sayuran dan buah segar yang langsung dipetik dari kebunnya. Sehingga, mereka bisa mendapatkan produk segar setiap harinya.

20. Membuat kartu ucapan

Jika anda adalah tipe orang yang suka membuat kerajinan tangan, maka tak ada salahnya anda membuat berbagai macam kartu ucapan selamat. Misalnya untuk selamat ulang tahun, atau selamat pernikahan.

21. Tukang reparasi

Apakah anda ahli menggunakan semua alat di kotak peralatan mekanik? Berarti anda bisa dibilang Tuan Segala Tahu. Ini bisa membuat anda membuka peluang layanan perbaikan peralatan rumah tangga yang kecil-kecil. Misalnya memperbaiki keran, furnitur, memasang rak, atau perakitan.

22. Guru les

Ini adalah cara bagus untuk membuat anda bekerja di rumah. Anda bisa menerima beberapa murid untuk datang ke rumah anda dan mengajarkan mereka mata ajaran yang mereka inginkan. Misalnya Matematika, Bahasa Inggris, atau Seni, seperti les vokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement