Sabtu 20 Apr 2013 13:58 WIB

14 Situs Sejarah Eropa yang Terancam Punah (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Heri Ruslan
Lanskap tambang 'Rosia Montana' di Transylvania, Rumania
Foto: blogspot.com
Lanskap tambang 'Rosia Montana' di Transylvania, Rumania

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Eropa adalah benua yang menjadi pusat penemuan berbagai kemajuan dan teknologi yang berguna bagi peradaban manusia. Berbagai situs arkeologi, rumah ibadah keagamaan, pusat kota bersejarah, dan benteng militer ada di sana.

Sayangnya, hampir 40 situs sejarah di Benua Biru itu kian tua dan tergerus modernisasi. Bahkan, 14 situs di antaranya terancam punah.

ROLers, bagi anda yang berencana untuk jalan-jalan ke Eropa ada baiknya menghampiri salah satu lokasi berikut, sebab tak ada yang tahu sampai kapan anda masih bisa menyaksikan keberadaannya di Eropa. Ini dia 14 situs sejarah Eropa yang terancam punah, dilansir dari the Guardian, Sabtu (20/4).

6. Lanskap tambang 'Rosia Montana' di Transylvania, Rumania

Lanskap 'Rosia Montana' dan desa-desa sekitarnya telah diubah menjadi wilayah pertambangan selama tiga ribu tahun lamanya. Namun, proyek pertambangan emas terbuka yang hadir saat ini menjadi ancaman serius bagi lanskap ini. Padahal, lanskap ini mencatat sejarah asal muasal mesin dan teknologi pertambangan diera Romawi Kuno.

7. Benteng Alessandria di Italia Utara

benteng ini disebut sebagai salah satu benteng militer terbesar yang tersisa dari abad ke-18 Eropa. Benteng ini memiliki sejarah yang kaya terkait dengan Napoleon dan penyatuan Italia. Unesco juga menobatkan Benteng Alessandria sebagai 'Warisan Dunia' yang kini terancam karena bangunannya semakin tua dan rapuh.

8. Biara Renaissance San Benedetto Po di Mantua, Italia

Biara ini dibangun sekitar abad ke-15 sampai ke-16 dan rusak berat oleh gempa bumi pada Mei 2012 lalu. Mengingat pentingnya sejarah dan seni bangunan Renaissance, banyak pelancong yang mengunjungi lokasi ini.

9. Biara Manueline dan Gereja Yesus di Setubal, Portugal

Dua situs sejarah ini dikenal sebagai simbol dalam sejarah Eropa. Ini adalah situs tempat penandatanganan 'Perjanjian Tordesillas' antara Spanyol dan Portugal pada 1494. Perjanjian ini kemudian membuka jalan bagi Eropa untuk berekspansi ke Amerika dan ke negara-negara Timur termasuk Indonesia.

Biara dan gereja ini tengah mengalami pembusukan karena usianya yang sudah sangat tua. Masyarakat setempat berharap situs ini bisa dibangun kembali sebagai katalis untuk revitalisasi kota bersejarah di seluruh Setubal.

10. Situs Neolitik 'Vinca-Belo Brdo' di Belgrade, Serbia

Situs prasejarah ini terancam bukan hanya karena kekurangan dana untuk renovasi tapi juga lokasinya yang berdekatan dengan Sungai Donau. Infrastruktur dasar situs ini perlu diperbaiki dan memerlukan penggalian lanjutan. Ini untuk meningkatkan akses bagi wisatawan dan meningkatkan interaksi dengan masyarakat setempat. (Mutia Ramadhani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement