Jumat 19 Apr 2013 08:23 WIB

Rush Dapat Penghargaan Rock and Roll Fame

Band Rush asal Kanada, (ki-ka) Geddy Lee, Alex Lifeson dan Neil Pearts
Foto: cnn
Band Rush asal Kanada, (ki-ka) Geddy Lee, Alex Lifeson dan Neil Pearts

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES -- Setelah menunggu 5 tahun, band asal Kanada, Rush, akhirnya masuk dalam memorilibia Rock and Roll Hall of Fame. Banyak penggemar Rush sempat mempertanyakan, kenapa band yang sudah menjadi legenda musik rock ini tidak pernah dianggap sebagai bagian dari sejarah musik rock.

Seperti disiarkan CNN, penganugerahan terhadap band ini dilakukan Kamis malam (18/4) di Kodak Theatre Los Angeles. Drummer sekaligus konseptor band ini, Neil Pearts mengatakan dirinya senang bahwa industri musik akhirnya mengakui keberadaan dan eksistensi mereka. ''Ini malam yang menggembirakan, setelah kami cukup lama berkecimpung di musik,'' ujarnya.

Pemberian penghargaan untuk Rush diberikan oleh vokalis Foo Fighters, Dave Grohl, dan drummernya Taylor Hawkins.

Rush adalah kelompok musik progressive rock asal Kanada yang personelnya hanya tiga orang. Mereka telah berkarier selama lebih dari 30 tahun dan merilis tujuhbelas album studio dan berbagai rekaman konser dan kompilasi lainnya.

Didirikan pada 1968 di Toronto oleh Alex Lifeson (gitar), Geddy Lee (vokal, bass, keyboards) dan John Rutsey (drums), Rush telah mengalami pergantian personel hanya satu kali ketika Rutsey keluar setelah album pertama dan digantikan oleh Neil Peart. Lee dan Lifeson biasanya menulis musik dan Peart liriknya.

Semua anggota Rush dikenal sebagai musisi handal dan komposisi mereka kadang cukup rumit dengan irama yang tidak konvensional, juga solo gitar dan lirik bertemakan serius. Rush telah berkali-kali diberi penghargaan Juno Award, yaitu Grammy Award versi Kanada.

Rock and Roll Hall of Fame and Museum adalah sebuah museum yang teletak di tepi Danau Erie di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Tempat ini didedikasikan untuk merekam sejarah para artis, produser, dan orang-orang yang sangat terkenal dan memiliki pengaruh yang sangat besar di dalam industri musik, terutama untuk jenis rock and roll. Yayasan Rock and Roll Hall of Fame pertama kali dibentuk pada 20 April 1983. Cleveland kemudian dipilih sebagai tempat museum didirikan. Artis-artis yang dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame harus memiliki pengaruh yang cukup besar dan telah berkarier sedikitnya 25 tahun sejak merekam album pertamanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement