Sabtu 13 Apr 2013 17:35 WIB

Ditemukan Ikan Asal Jepang yang Diterjang Tsunami 2011

Rep: Wahyu Saputra/ Red: M Irwan Ariefyanto
Ikan yang ditemukan dalam sebuah perahu terjangan tsunami Jepang 2011
Foto: bbc.co.uk
Ikan yang ditemukan dalam sebuah perahu terjangan tsunami Jepang 2011

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Sejumlah Ilmuwan Amerika Serikat (AS) bingung. Sebuah perahu yang diyakini hasil terjangan tsunami 2011 ditemukan. Isinya ikan-ikan asal Jepang yang berada di dalam tubuh perahu tersebut.

Diperkirakan, selama dua tahun, ikan-ikan yang menumpang dalam perahu tersebut berlayar dari Jepang ke Amerika Serikat. Para ikan ini melintasi samudera pasifik sejauh 5.000 mil.

Sekumpulan ikan bergaris tersebut ditemukan di dalam perahu nelayan. Perahu tersebut ditemukan terdampar di pantai daerah Washington dengan keadaan hampir hancur. Setelah dikonfirmasi, perahu tersebut berasal dari Jepang yang terbawa oleh terpaan Tsunami hasil dari gempa hebat di Fukushima, Maret 2011, lalu.

Sebelumnya, ada juga kapal yang terdampar akibat Tsunami di Jepang di sepanjang pantai Pasifik dan Alaska. Namun biasanya kondisi kapal-kapal ini sudah rusak dan tidak ada kehidupan sama sekali.

Nah, perahu yang mempunyai nama Shou-Maru ini justru ditempati oleh segerombolan ikan di dalamnya.

Beberapa ilmuwan biologi mengaku tidak habis pikir bagaimana ikan-ikan tersebut dapat bertahan hidup. Padahal ikan-ikan itu hanya bisa hidup di perairan hangat dan dangkal di daerah Jepang Selatan. Tapi nyatanya mereka dapat hidup selama dua tahun dalam perjalanan menyeberangi samudera pasifik.

''Ini sangat luar biasa,'' Kata  Juru Bicara Departemen Ekologi AS,  Curt Hart

Para Ilmuwan menduga bahwa ikan-ikan tersebut membuat rumahnya di dalam perahu tersebut. Sehingga mereka bisa bertahan dari terpaan angin dan gelombang laut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement