Jumat 12 Apr 2013 11:53 WIB

Jenny Rachman Adakan Sayembara Skenario Film RA Kartini

Rep: M Akbar/ Red: Hazliansyah
Kartini
Foto: gojepara.com
Kartini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suksesnya sejumlah film biografi picture (biopic) melecut hati aktris Jenny Rachman untuk melakukan hal serupa. Ia telah menanam hajat untuk mengangkat kembali kisah pahlawan nasional RA Kartini menjadi sebuah karya layar lebar.

Jenny mengaku, untuk penggarapan film ini akan ada sejumlah pengayaan cerita. Selain itu, ia ingin konteks cerita Kartini harus sejalan dengan tantangan yang dihadapi pada masa kini. 

"Salah satunya saya membuka sayembara untuk penulisan naskah skenarionya," katanya di Jakarta.

Jenny mengaku pada 1984 dirinya pernah memerankan tokoh utama pada film RA Kartini. Saat itu yang menjadi sutradaranya adalah Sjumandjaja.

"Saya dulu pernah memerankan Kartini. Dari sanalah saya mengetahui cukup banyak tentang sosok beliau. Melihat kondisi sekarang, saya ingin kaum perempuan bisa lebih berdaya serta berperan aktif untuk membangun negeri ini menjadi lebih beradab," katanya.

"Untuk perayaan hari Kartini nanti, kita ingin melakukan sesuatu yang beda. Nah dengan mengajak masyarakat menulis, semoga ini bisa menjadi inspirasi untuk melahirkan ulang semangat dari Kartini di masa kini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement