Sabtu 23 Mar 2013 00:56 WIB
Kisah Napoleon Bonaparte

Napoleon Dikenal Sebagai Orang Pendek

Rep: Selamat Ginting/ Red: M Irwan Ariefyanto
Patung Napoleon
Foto: guardian
Patung Napoleon

REPUBLIKA.CO.ID,Selain dikenang karena merupakan ahli strategi yang sangat andal, Napoleon juga diingat karena badannya yang pendek. Sebenarnya, Napoleon bukan orang yang memiliki tinggi badan sependek yang sering digambarkan selama ini. Ia tercatat memiliki tinggi badan sekitar 5 kaki 2 inci (157 cm) pada saat kematiannya.

 

Namun, ukuran ini adalah 5 kaki 2 inci dalam satuan Prancis. Dalam unit internasional modern, ini setara dengan 5 kaki 7 inci (170 cm). Mungkin, tinggi badan seperti itu masih masuk dalam hitungan "pendek", terutama bagi orang Eropa saat ini. Namun, pada saat itu di Prancis, tinggi rata-rata untuk seorang laki-laki dewasa adalah sekitar 5 kaki 5 inci (165 cm) dalam satuan  internasional modern. Jadi, sebenarnya dia cukup jangkung pada masa itu.

 

Hal ini mungkin berasal dari kenyataan bahwa pengawal pribadinya semua sangat tinggi dan besar, yang memang merupakan persyaratan utama untuk menjadi pengawal. Jadi, kemana pun ia pergi, orang-orang melihat dia jauh lebih pendek dibanding para penjaganya. Hal ini membuatnya mendapat julukan "Le Petit Caporal" atau dalam bahasa Inggris "The Little Corporal" yang berarti "Sang Kopral Kecil"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement