Kamis 21 Feb 2013 19:42 WIB

Seekor Penguin Antartika Nyasar di Selandia Baru

Rep: Nur Aini / Red: M Irwan Ariefyanto
Seekor penguin yang ditemukan di Selandia Baru
Foto: www.theaustralian.com.au
Seekor penguin yang ditemukan di Selandia Baru

REPUBLIKA.CO.ID,WELLINGTON -- Seekor penguin dirawat di kebun binatang Selandia Baru setelah nyasar dari asalnya di Antartika. Dia terdampar di sebuah pantai yang berjarak 2.000 kilometer dari Antartika.

Hewan jantan muda tersebut kelaparan dan dehidrasi. Dia merupakan penguin royal keempat yang terdampar di wilayah tersebut dalam satu abad terakhir. Dia diyakini dari sebuah koloni yang berkembang biak di Pulau Macquarie sub-Antartik. Dokter hewan memperkirakan dia telah hanyut selama satu tahun.

Dokter hewan di Kebun Binatang Wellington, Lisa Argilla mengatakan penguin tersebut berjuang menemukan makanan dan tengah berburu hingga kesasar. Dia ditemukan di Pantai Tora, selatan Wellington pada Ahad lalu.  "Hewan ini sangat lemah, tidak mau berdiri. Ada progres kecil tapi masih dalam kondisi kritis, ungkapnya dilansir BBC.

Dia mengatakan ginjal penguin tidak berfungsi dengan baik. Dokter berusaha menyembuhkannya. Jika penguin telah pulih, dia akan dibebaskan untuk pulang. "Mereka luar biasa dalam navigasi sehingga seharusnya tidak menjadi masalah, " ungkapnya.

Tahun lalu, seekor penguin kaisar seperti dalam film Happy Feet menjadi berita utama ketika muncul di pantai Selandia Baru. Dia menjalani operasi untuk menghilangkan 3 kg pasir dari perutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement