Selasa 19 Feb 2013 14:39 WIB

Filateli untuk Si Pemula Kecil, Bagaimana Caranya? (1)

Filatelis muda dengan koleksi perangkonya (ilustrasi)
Foto: Telegraph.co.uk
Filatelis muda dengan koleksi perangkonya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ada sihir dalam perangko! Kalian bisa keliling dunia tanpa harus meninggalkan tempat duduk. Bertemu banyak orang penting, belajar hewan dan tumbuhan eksotis dan mengetahui perbedaan bahasa sertab banyak lagi. Semua itu bisa menjadi milik kalian ketika mengoleksi perangko.

Bagi orang tua, tularkan semangat ini kepada si kecil Anda dan mengawali memiliki hobi baru yang bermanfaat sekaligus mendidik.

Bila mereka ingin menjadi kolekter perangko muda, maka panduan ini bisa menjadi acuan. Ingatlah ini bukan hanya mengenai anak-anak. Orang tua pun bisa belajar mengenai filateli. Nikmati waktu bersama dengan anak Anda saat menemukan dunia berwarna dalam koleksi perangko.

Apakah tipe perangko yang harus dikoleksi.

Seperti banyak warna dalam pelangi, juga banyak perangko untuk dikoleksi. Kolektor perangko yang baru memulai harus mengetahui ini.

Perangko Reguler

Perangko terbitan rutin adalah tipe yang biasa digunakan dan ditempel di atas amplop. Perangko ini juga disebut perangko definitif dan mereka digunakan untuk membayar surat umum bertarif reguler.

Perangko Peringatan.

Tipe perangko ini biasanya lebih besar daripada ukuran perangko umumnya. Mereka dibuat agar kita selalu mengingat orang-orang penting atau acara khusus. Perangko peringatan biasanya diterbitkan hanya dalam jangka pendek.

(salah satu contoh perangko peringatan)

 

Perangko Khusus

Biasanya perangko ini bertepatan dengan hari libur perayaan tertentu yang dibuat untuk kesempatan tertentu setiap tahun. Salah satu contoh adalah perangko perayaan Idul Fitri.

Bagaimana Memulai Mengoleksi Perangko

Berikut ini beberapa cara untuk memulai mengkoleksi perangko. Kalian bebas untuk memilih tipe perangko manapun untuk membuat koleksi bisa berkembang.

1. Mulailah menyimpan perangko-perlangko dari amplop surat yang anda terima.

Sudah jarang menerima surat karena korespondensi lewat internet? Ajak si kecil untuk tetap melakukan aktivitas konvensional ini.

Selain melatih motorik tangan, mereka akan mengalami saat menyenangkan menunggu surat tiba dan bergembira begitu menerima balasan.

Berburu perangko adalah bagian paling mendebarkan ketika anda memulai  mengoleksi perangko. Kalian bisa meminta itu kepada orang tua, tetangga untuk memberikan perangko dari surat-surat tua mereka.

Bila kalian ingin menemukan perangko-perangko lawas, coba bongkar tumpukan surat tua milik kakek dan nenek. Kalian bisa jadi beruntung menemukan perangko kuno berharga. Anda tahu bahwa nilai perangko tua kian meningkat seiring waktu?

2. Belilah perangko-perangko yang telah digunakan dalam jumlah besar dalam acara galang dana.

Beberapa orang memiliki banyak perangko tapi mereka tidak ingin mengoleksinya. Jadi merekam mendonasikan kepada yayasan yang menjual perangko daur ulang. Perangko-perangko ini dikenal sebagai kiloware.

Beri tahu ayah dan ibu untuk menghadiri acara tersebut dan kalian bisa membeli perangko yang telah digunakan dalam jumlah besar.

Setiap kantung penuh berisi perangko memiliki kejutan! Siapa tahu bocah filateli seperti kalian mungkin beruntung dengan sebuah perangko langka berharga? (bersambung ke bagian 2-habis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement