Kamis 07 Feb 2013 07:28 WIB

Dapat Rp 131 Juta karena Unduh Lagu ke-25 Miliar

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
iTunes Store. Ilustrasi.
Foto: Reuters
iTunes Store. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Seorang mahasiswa Jerman mendapatkan durian runtuh setelah mengunduh lagu melalui aplikasi musik Apple, iTunes. Ia mendapatkan hadiah senilai 10 ribu euro atau setara Rp 131 juta. Ini karena lagu yang diunduhnya merupakan lagu ke-25 miliar iTunes.

Phillip Luepke (22 tahun) mengunduh lagu DJ Inggris chase Buch berjudul Monkey Drums (Goksel Vancin Remix) yang menjadi lagu ke-25 miliar iTunes. Dengan jumlah itu, artinya iTunes telah menjual lebih dari tiga lagu untuk setiap orang yang ada di bumi.

"Saya sangat terkejut mendengarnya," ujar Luepke kepada Reuters, Rabu (6/2) waktu setempat.

Luepke yang sedang belajar untuk ujian menemukan lagu disko tersebut Sabtu (2/2) malam. Ia melakukan identifikasi lagu melalui aplikasi smartphone Shazam untuk mencari lagu dan mengunduhnya di hari berikutnya. 

"Saya bangun pagi ini dan mendapati email dari Apple yang mengatakan saya telah mengunduh lagu iTunes yang ke-25 miliar," lanjut mahasiswa ekonomi tersebut. Luepke mengakui belum tahu apa yang akan dilakukannya dengan hadiah tersebut. Namun ia meyakini koleksi lagu dan filmnya akan bertambah.

Apple Store yang berbasis di California Cupertino berdiri pada April 2003. Setiap harinya orang-orang mengunduh 15 ribu lagu dari toko tersebut. Cupertino memiliki katalog lebih dari 26 juta lagu dari 119 negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement