Selasa 29 Jan 2013 13:34 WIB

Mau Lihat Kerajinan Yogya? Datanglah ke Bale Mangu

Rep: Neni Ridareni / Red: M Irwan Ariefyanto
Kepatihan Yogyakarta
Foto: javahym.co
Kepatihan Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -  Bale Mangu yang berada di komplek Kepatihan Yogyakarta akan dijadikan show window kerajinan Yogyakarta. Sehingga produk pengrajin dari Yogyakarta yang merupakan produk unggulan bisa dipamerkan setiap hari. ''Di Bale Mangu ini akan menjadi tempat pameran kerajinan produk UKM (Usaha Kecil Menengah) sepanjang tahun,'' kata  Kepala Balai Bisnis Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) DIY Endar Hidayati.

Karena ruangan pameran hanya berukuran 20x10 meter persegi, maka hanya bisa menampung sekitar 70 UKM. Sehingga nantinya yang produk UKM yang masuk ke Bale Mangu akan diseleksi. Pameran Kerajinan di Bale Mangu buka dari Senin sampai Jum'at pukul 08.00-16.00. ''Kerajinan yang masuk ke sini merupakan produk unggulan dan berskala nasional,'' ujar Sekretaris Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) DIY Zaenal Arifin.

Karena tamu-tamu yang datang ke Kantor Gubernur DIY juga ada tamu-tamu asing. ''Jadi targetnya tamu-tamu Pemda DIY. Kami juga menggalang kerjasama dengan pemandu dan biro perjalanan  serta hotel. Sehingga kalau ada mobil travel yang  ke Bale Mangu  dan parkirnya  di Kepatihan diperbolehkan, ''kata Zaenal.

Di samping tempat pameran, di Balai Mangu juga ada meja untuk konsultasi teknis dan HAKI (Hak Kekayaaan Intelektual). Sehingga nantinya apabila ada produk yang tidak laku, akan diinformasikan kepada UKM kenapa tidak laku . Misalnya warnanya tidak sesuai dengan trend. ''Jadi di sini juga sebagai tempat pembelajaran para pelaku UKM,'' katanya.

Endar mengungkapkan bagi UKM yang produknya dipamerkan di Bale Mangu tidak dipungut biaya, tetapi diseleksi oleh pemerintah. Rencananya pameran di Bale Mangu dalam satu tahun ada enam tema yakni empat tema untuk program yang berskala nasional diantaranya Hari Kartini dan  HUT Kemerdekaan RI,  dan dua tema berskala daerah yakni Yogya Fashion Week dan Festival Kesenian Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement