Selasa 29 Jan 2013 14:00 WIB

Wawancara Khusus Jaejoong 'JYJ' : Makna 10 Tahun Berkarier (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Irwan Ariefyanto
Kim Jaejoong
Kim Jaejoong

REPUBLIKA.CO.ID,SEOUL -- Vokalis JYJ, Kim Jaejoong, baru saja merilis mini album solo pertamanya yang bertajuk 'Mine' pada 17 Januari lalu. Dengan penuh sukacita, album ini disambut penggemar setianya. Jaejoong mendapat kesempatan untuk wawacara singkat dengan SBS E! Mari kita lihat cerita mantan personel DBSK ini tentang pengalamannya diindustri musik sejauh ini. Berikut paparannya, dikutip dari Soompi, Selasa (29/1).

T: Ini sudah 10 tahun sejak anda terjun ke dunia hiburan. Bagaimana perasaan anda?

J: Sejujurnya, aku benar-benar merasakannya. Sebelumnya, aku berpikir banyak yang akan aku capai setelah 10 tahun berkarier. Namun sekarang aku berpikir 10 tahun itu terlalu lama bagi seorang selebritis. Jujur, aku mendengarkan lagu-laguku semalam, sebelum pergi tidur. Ada banyak hal yang berubah. Aku tak tahu persis sudah membuat berapa banyak album di Korea dan Jepang. Namun, aku merasa itu semakin baik. Hingga akhirnya aku menyadari bahwa 10 tahun telah terlewati.

T: Yoochun adalah satu-satunya anggota JYJ yang belum merilis album solo. Bagaimana pendapatmu?

J: Jika Yoochun ingin melahirkan album, aku akan membantunya. Namun, ia sebetulnya memunyai kemampuan menggubah lagu lebih baik dariku. Dia sangat jenius. Aku pikir dia menulis lagu-lagu terbaik dalam grup. Hanya saja, ia tak banyak melakukannya. Dia hobi mengaransemen musik. Ketika dia putuskan menulis sebuah lagu, maka lagu itu akan menjadi lagu terbaik. Dia juga memunyai kemampuan berbahasa lebih. Bahkan, ketika yang lain mulai jarang berlatih bahasa, dia tetap menguasainya. Dia tipe pengingat dan tak mudah lupa.

T: Apakah anda bahagia dengan capaian anda sekarang?

J: Setengah setengah. Aku kadang merasa aku benar-benar bahagia. Namun, ada juga saat dimana hal-hal luar biasa, bagiku, terasa mengerikan. Itulah hidup. Aku memiliki kehidupan yang mungkin tak semua orang miliki. Aku juga memiliki pengalaman yang tak semua orang alami. Tapi tetap saja pada dasarnya aku bahagia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement