Ahad 27 Jan 2013 08:58 WIB

Saluran Musik Amerika Pertanyakan Popularitas K-Pop

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani
Psy 'Gangnam Style'
Psy 'Gangnam Style'

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tahun 2012 memang pantas disebut tahunnya industri K-Pop Korea Selatan di dunia internasional. Lebih dari 80 grup dan artis K-Pop debut perdana, yang dibungkus dengan karier Psy 'Gangnam Style' menancapkan bendera K-Pop di berbagai belahan dunia.

Laman resmi dari saluran musik Amerika, Fuse, yang awalnya menutup mata dengan keberadaan K-Pop, kini menawarkan pandangannya akan budaya musik Korea Selatan itu. Fuse mengomentai dampak K-Pop sekarang dan di masa mendatang.

Dalam laman mereka, Fuse mengeluarkan sebuah artikel yang berjudul 'Dapatkah K-Pop Menjadi Besar di Amerika?' Fuse juga mencoba memprediksi apakah tahun ini (2013) akan menjadi tahun di mana seantero dunia akan mulai bernyanyi dalam bahasa Korea.

Fuse kemudian menampilkan sejumlah highlight video yang memperlihatkan sederet nama besar di industri K-Pop. Mereka menampilkan BigBang, 2NE1, Girls Generation, Wonder Girls, EXO, dan Psy saat melakukan promosi internasional mereka.

Fuse juga mewawancarai editor Billboard, Joe Levy, dan pemandu acara Eat Your Kimchi, Simon dan Martina. Penggemar K-Pop yang menonton video highlight Fuse itu mengunggah lebih dari 1.000 komentar.

Kebanyakan mereka berkomentar untuk mengenyampingkan perbedaan antara musik barat dan K-Pop. Mereka setuju ini adalah periode yang menggembirakan bagi budaya K-Pop di dunia internasional. Bagaimana menurutmu?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement