Rabu 23 Jan 2013 19:00 WIB

Citilink, The Leading Low Cost Airlines in Indonesia

Citilink

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Citilink merupakan salah satu penyedia jasa layanan penerbangan berbiaya murah atau kerap disebut LCC (Low Cost Carrier). LCC di sini tidak menyediakan layanan tambahan (no frills), serta efisiensi cost sehingga dapat memberikan harga yang lebih murah kepada konsumen. Pengurangan pelayanan ini berakibat dalam penurunan harga, namun faktor safety tetap dijaga untuk menjamin keselamatan penumpang sampai ke kota tujuan.

Layanan-layanan yang tidak ditambahkan tersebut bukan berarti hilang atau tidak bisa dapatkan, tetapi untuk mendapatkannya akan dikenakan biaya tambahan lagi.  

Model bisnis yang diterapkan oleh maskapai LCC membuat maskapai tersebut dapat menawarkan harga yang lebih murah dibanding lainnya. Hal ini seperti jumlah kursi penumpang yang lebih banyak agar dapat lebih banyak menjual seat kepada penumpang. Namun dalam hal ini, Citilink menetapkan jarak antara kursi yaitu 30 inch karena Citilink tetap memprioritaskan kenyamanan penumpang nya meskipun Citilink bergerak dalam dunia LCC. Jam kerja cabin crew Citilink layaknya jam kerja pegawai pada umumnya. Maksudnya adalah cabin crew tidak diinapkan di hotel, mereka akan kembali ke based (hub) setelah selesai melakukan tugasnya.

Untuk pesawat, Citilink menggunakan single aircraft strategy atau satu jenis pesawat. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada biaya operasional khususnya maintenance pesawat. Menyesuaikan dengan konsep LCC, Citilink menerapkan Point to point base flight strategy, dimana pesawat dirancang melayani rute untuk kembali ke based (dikenal dengan istilah HUB).  Point to point berbeda dengan transit, pada konsep point to point, penumpang harus melakukan cek in ulang untuk melanjutkan perjalanan lanjutannya.

Selain penerapan Point to Point, Citilink juga menerapkan ancillary revenue strategy oleh maskapai LCC. Ancillary revenue berarti pendapatan-pendapatan di luar penjualan tiket, seperti penjualan makanan dan minuman di udara (meals on board), merchandise, parfum, dan tambahan pendapatan lainnya. Dalam Ancillary revenue strategy, Citilink juga menyediakan Citilink Shield sebagai asuransi perjalanan Citilink yang akan memberikan perlindungan terhadap peristiwa yang tidak terduga selama perjalananpenumpang, seperti pembatalan perjalanan, bagasi hilang dan ketidaknyamanan perjalanan lainnya yang terkait.

Selain itu, Citilink menciptakan Citilink Hotels yang akan memudahkan penumpang dalam pemesanan hotel, serta beberapa layanan wisata lainnya dengan mudah dan dalam satu situs ww.citilink.co.id.

sumber : Citilink
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement