Rabu 23 Jan 2013 05:35 WIB

Minimnya Sutradara Perempuan di Hollywood

hollywood
Foto: visitingdc.com
hollywood

REPUBLIKA.CO.ID, HOLLYWOOD -- Sebuah studi menemukan hanya sembilan persen sutradara perempuan dari total 250 film laris produksi Hollywood sepanjang tahun 2012.

Namun proporsi itu meningkat sebesar sembilan persen dibandingkan pada tahun sebelumnya, seperti terungkap dalam penelitian yang dilakukan Pusat Kajian Perempuan di TV dan Film.

Penelitian itu juga menemukan perempuan hanya mencapai 18 persen dari total jumlah sutradara, produser eksekutif, penulis naskah, sinematografer, dan editor.

Proporsi produser eksekutif perempuan tetap 25 persen dalam dua tahun belakangan sementara penulis naskah perempuan meningkat menjadi 15 persen atau naik sekitar lima persen sejak tahun 2006.

Sedangkan editor perempuan sepanjang 1998-2012 selalu berada di sekitar angka 20-21 persen. Begitu juga jumlah sinematografer -yang memimpin juru kamera dan pencahayaan- masih minim hanya sekitar dua hingga empat persen.

Pusat kajian perempuan melakukan penelitian selama lebih dari satu dekade untuk mendapatkan kecenderungan peran perempuan di dunia film dan TV. Demikian laporan yang dilansir BBC, Selasa (22/1).

Untuk penghargaan Oscar tahun ini misalnya tak satupun sutradara perempuan masuk nominasi walau Zero Dark Thirty merupakan satu-satunya nominasi untuk kategori gambar terbaik yang diarahkan sutradara perempuan, Kathryn Bigelow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement