Jumat 18 Jan 2013 13:19 WIB

Katak Terbang Species Baru Ditemukan di Vietnam

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Salah satu species baru katak terbang yang ditemukan di Vietnam.
Foto: sci-news.com
Salah satu species baru katak terbang yang ditemukan di Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Peneliti Australia menemukan spesies baru katak terbang di dekat Kota Ho Chi Minh City, Vietnam. Spesies katak terbang umumnya berada jauh dari perkotaan.

Katak terbang, yang dinamakan Helen, pertama kali ditemukan Jodi Rowley, ahli Amfibi dari Museum Australia di Sydney pada 2009. Dia menemukan spesies tersebut ketika berjalan di hutan yang sekarang dikenal sebagai Saigon.

Rowley awalnya mengira katak terbang tinggal di pohon. Binatang itu dinamakan katak terbang karena memiliki selaput besar di kakinya yang menjadi parasut ketika meluncur di antara kanopi pohon. Namun, spesies itu juga di temukan bertengger di pinggir jalan.

Spesimen katak terbang lainnya ditemukan di bagian lain Vietnam. "Spesies baru itu memiliki perut berwarna putih terang dan mata berwarna putih putih, sedangkan spesies sebelumnya memiliki perut berwarna kuning lemon dan matanya berwarna putih kuning, " ungkap Rowley seperti dikutip Saudigazette, Jumat (18/1).

Pada katak spesies baru itu memiliki perbedaan warna di paha. Ukuran tubuhnya juga lebih besar dibandingkan dengan spesies yang ditemukan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement