Kamis 17 Jan 2013 12:19 WIB

Foto Perang Dunia I Ditemukan di Kamera Antik

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Karta Raharja Ucu
Salah satu foto Perang Dunia I yang ditemukan di kamera antik
Foto: IST
Salah satu foto Perang Dunia I yang ditemukan di kamera antik

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Anton Orlov, fotografer Amerika Serikat, tak menyangka jika kamera antik yang dibelinya menyimpan negatif film foto-foto yang merekam Perang Dunia I yang terjadi hampir satu abad lampau.

Fotografer yang tinggal di daerah University City ini, membeli kamera tipe 1901 Jumelle Bellini di sebuah toko barang antik dekat Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

"Ketika saya melihatnya, ada sesuatu yang menarik saya (untuk membelinya)," tutur Orlov seperti dikutip dari digitallife.today.com, Selasa (15/1).

Tak pikir panjang, Orlov menebus kamera itu seharga 100 dolar AS untuk dibawa pulang. Di rumah, ia menghabiskan waktu berjam-jam membersihkan kamera tersebut. Tapi, ketika membersihkan bagian dalam kamera yang sudah berusia 100 tahun itu, tersimpan negatif film yang merekam foto-foto peristiwa pada Perang Dunia I.

Foto-foto itu seperti reruntuhan tembok, pasukan berkuda, dan bahkan bom. "Saya cukup terperangah. Saya belum pernah melihat gambar seperti itu ada di kamera sudah dikembangkan," ujar Orlov.

Ia mengaku favoritnya adalah foto dua orang tentara yang memegang sesuatu seperti bom. Orlov mengaku tak menyesal menggelontorkan 100 dolar AS untuk membeli kamera tersebut. Sebab, apa yang didapatkannya itu tidak ternilai.

Orlov berpendapat, seratus tahun lagi negatif film dan kamera tersebut akan sangat berguna. Ia juga tak berencana menjual kamera antik tersebut. Sebab, rencananya ia ingin memamerkan foto-foto dalam kamera itu beserta koleksi foto jepretannya dalam sebuah pameran.

"Saya senang mereka yang tersembunyi selama 100 tahun dapat dilihat," tutur Orlov.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement