Rabu 16 Jan 2013 13:19 WIB

Anda Pemalu? Cobalah Jurus Ini Dulu (2)

Pemalu/ilustrasi
Foto: omgtoptens.com
Pemalu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki sifat pemalu bukanlah suatu masalah. Hal ini sangat umum saat kita membutuhkan waktu untuk penyesuaian saat bertemu dengan orang-orang baru atau situasi yang baru. Perasaan malu membuat beberapa orang tidak merasa nyaman atau tidak bisa bersosialisasi layaknya yang mereka inginkan.

Beberapa orang ingin menjadi diri mereka sendiri di tengah-tengah orang lain. Karenanya, jika mempunyai rasa malu, ia ingin rasa malu itu tidak berlebihan, sehingga mereka bisa memperoleh kesenangan dalam bersosialisasi dengan lingkungannya.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi perasaan malu:

Latihlah apa yang akan kita ungkapkan.

Saat siap untuk mencoba hal yang sebelumnya kita hindari karena perasaan malu, seperti menghubungi melalui telepon atau percakapan, tulislah apa yang ingin kita ucapkan sebelumnya.

Latihlah mengucapkan dengan keras, meskipun di depan kaca. Lalu lakukanlah. Jangan khawatir jika apa yang kita ucapkan tidak persis seperti yang kita latih atau jika percakapan itu tidak sempurna.

Beberapa hal di luar rencana bisa membuat kita lebih percaya diri yang membuat kita terlihat baik-baik saja. Banggalah pada diri sendiri bahwa kita telah melakukannya. Lain kali, akan jauh lebih lebih baik karena akan lebih mudah.

Berilah diri kesempatan.

Temukan kelompok-kelompok aktivitas yang bisa membuat kita berbagi dengan orang lain dan mendiskusikan ketertarikan akan suatu hal. Berilah kesempatan pada dirimu untuk melatih bersosialisasi dengan orang-orang baru yang ada di kelompok ini dan mulai mengetahui mereka secara perlahan.

Orang yang memiliki sifat pemalu seringkali khawatir menemui kegagalan atau bagaimana penilaian orang yang mereka ajak komunikasi. Dua hal itu dapat membuat kita untuk berhenti berusaha.

Jika kritik terhadap diri sendiri berperan besar pada diri sendiri, tanyalah dirimu apakah kamu akan sangat kritis seperti ini pada sahabatmu. Perubahan yang terjadi pada dirimu bisa sangat dimengerti oleh orang lain. Jadi, perlakukan dirimu seperti memperlakukan teman baikmu. Semangati dirimu untuk menghindari kegagalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement