Rabu 16 Jan 2013 13:03 WIB

Anda Pemalu? Cobalah Jurus Ini Dulu (1)

Pemalu/ilustrasi
Foto: omgtoptens.com
Pemalu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki sifat pemalu bukanlah suatu masalah. Hal ini sangat umum saat kita membutuhkan waktu untuk penyesuaian saat bertemu dengan orang-orang baru atau situasi yang baru. Perasaan malu membuat beberapa orang tidak merasa nyaman atau tidak bisa bersosialisasi layaknya yang mereka inginkan.

Beberapa orang ingin menjadi diri mereka sendiri di tengah-tengah orang lain. Karenanya, jika mempunyai rasa malu, ia ingin rasa malu itu tidak berlebihan, sehingga mereka bisa memperoleh kesenangan dalam bersosialisasi dengan lingkungannya.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi perasaan malu:

Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil dengan orang yang sudah kita kenal sebelumnya.

Mempraktikkan perilaku sosial seperti kontak mata, bahasa tubuh yang percaya diri, pengenalan diri, perbincangan kecil, melontarkan pertanyaan, dan berkumpul dengan orang-orang yang membuat dirimu merasa nyaman dengan lingkungan sekitar.

Senyumlah.

Bangunlah rasa percaya diri dengan cara tersenyum. Lalu teruskanlah senyuman ini juga pada teman baru yang belum kita kenal.

Pikirkan beberapa kata-kata untuk mengawali perbincangan.

Seringkali, saat yang paling berat berbicara dengan orang lain adalah saat kita memulainya. Pikirkan beberapa kalimat pembuka, seperti mengenalkan diri sendiri (''Hai.. Saya Bayu, kita berada di kelas yang sama.''), berilah tambahan misalnya (''Jaket yang kau kenakan cocok sekali denganmu.'').

Atau melontarkan pertanyaan (''Apakah kamu tahu kapan hasil ujian akan keluar?''). Siap dengan kalimat untuk memulai perbincangan membuat kita menjadi lebih mudah untuk mendekati seseorang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement