Rabu 09 Jan 2013 20:41 WIB

Kura-kura Punah, Pemerintah AS Dituntut

kura kura Chelonia
Foto: ap
kura kura Chelonia

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Tiga kelompok pecinta lingkungan hidup menuntut pemerintah AS, Selasa (8/1).

Mereka menuntut pemerintah AS karena kegagalan Washington untuk melakukan tindakan darurat guna menjamin kelangsungan hidup kura-kura laut loggerhead yang terancam punah. Kura-kura laut loggerhead termasuk di antara spesies laut yang terancam dan telah mengalami kemerosotan, demikian isi tuntutan hukum di Kabupaten Distrik AS di Northern District, California.

Dalam tuntutan disebutkan, pemerintah telah gagal mematuhi tenggat yang ditetapkan dalam Endangered Spesies Act untuk membuat daerah perlindungan atau habitat kritis untuk populasi kura-kura laut loggerhead. Tuntutan tersebut diajukan oleh Center for Biological Diversity, Oceana Inc dan Turtle Island Restoration.

Kura-kura laut loggerhead menghadapi banyak ancaman yang berlangsung di perairan di lepas pantai California dan Hawaii, di sepanjang lepas pantai timur dari Cape Cod Bay, Massachusetts, sebelah selatan Florida dan Teluk Meksiko. Ancaman itu berupa penangkapan tidak sengaja, luka dan kematian akibat armada penangkapan ikan komersial.

Tergugat dalam tuntutan itu meliputi National Marine Fisheries Service dan US Fish and Wildlife Service.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement