Jumat 04 Jan 2013 23:19 WIB

Bandara ini Hanya untuk yang Bernyali Besar

Bandar udara paling berbahaya, Lukla
Foto: Wikipedia
Bandar udara paling berbahaya, Lukla

REPUBLIKA.CO.ID, Meski sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat moderen, pesawat terbang tetap memiliki sisi bahayanya tersendiri. Bandar udara yang ada di dnia pun ternyata tidak semua dibangun dengan beragam fasilitas yang difokuskan menunjang keamanan penerbangan.

Dikutip dari Terminalu.com, ada pula beberapa bandara yang memang hanya ditujukan bagi orang-orang bernyali besar. Salah satunya adalah bandara yang berada di kawasan gunung tertinggi di dunia, Everest.

Lukla adalah pintu masuk bagi siapa pun yang ingin mencoba menaklukkan Gunung Everest di Tibet. Terletak di ketinggian 3.000 kaki di atas permukaan bumi, landasan udara Lukla juga memiliki ukuran yang superpendek, hanya sekitar 533 meter.

Bandingkan dengan Bandara Heathrow di Inggris yang panjang lintasannya mencapai 4.000 meter.Tidak hanya itu, karakter Lukla yang “cadas” juga masih menyimpan satu marabahayalagi bagi pesawat yang melintas di sana.

Salah perhitungan sedikit saja, jurang sedalam 660 meter lebih sudah menganga di hadapannya.Saking bahayanya bandar udara ini, tidak sembarang pilot diberi izin untuk melintas dengan pesawatnya di sana.

Kalau memang kita tengah berlibur ke Kathmandu dan harus melintas di Lukla, tenang saja karena pilot yang mengantar kita pasti bukanlah pilot sembarangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement