Senin 31 Dec 2012 21:15 WIB

Kaleidoskop Unik 2012: Toto Bikin Motor Berbahan Bakar Tinja

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sepeda motor berbahan bakar kotoran hewan buatan Toto.
Sepeda motor berbahan bakar kotoran hewan buatan Toto.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Selain kendaraan bermotor bertenaga listrik dan bertenaga matahari, kini ada sebuah sepeda motor berbahan bakar tinja, demi mengantisipasi kelangkaan bahan bakar minyak di masa mendatang. 

Inovasi terbaru itu dibuat produsen toilet, Toto. Pabrik asal Jepang itu meluncurkan sebuah sepeda motor roda tiga yang menggunakan bahan bakar kotoran hewan. 

Desain motor ini tergolong unik. Selain beroda tiga, tempat duduk pengendara juga berwujud toilet plus tempat tisu raksasa di belangnya. Juru bicara Toto, Kenji Fujita, menyatakan rancangan sepeda motor itu variasi.

"Bahan bakar sepeda motor kami bukan berasal dari sang pengendara, melainkan kotoran hewan," imbuhnya seperti dinukil dari asiaone, Jumat 31 Agustus 2012.

Sepeda motor itu bisa melaju 60 kilometer per jam. Dan bila tangki diisi penuh kotoran hewan, sepeda motor ini dapat menempuh jarak 300 kilometer.

Meski terbilang 'ajaib', ratusan orang menyaksikan peluncuran sepeda motor di Kantor Toto yang terletak di Tokyo. Tak sedikit yang berebut ingin mengabadikan gambar sepeda motor inovatif tersebut, dan banyak yang ingin menjajal mengendarai sepeda motor pertama di dunia yang sepenuhnya menggunakan energi biogas.

Kenji Fujita menyatakan, sepeda motor ramah lingkungan ini masih belum diberi nama. Tujuan Toto membuat kendaraan ini adalah sebagai kampanye pengurangan bahan bakar fosil dengan energi terbarukan. Toto berencana memperjualbelikan motor berbahan bakar tinja buatan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement