Sabtu 29 Dec 2012 13:22 WIB

Perempuan ini Hidup di Rumah 'the Hobbit'

Emma Orbach untuk hidup seperti kaum Hobbit
Foto: Daily Mail
Emma Orbach untuk hidup seperti kaum Hobbit

REPUBLIKA.CO.ID, OXFORD -- Kisah the Hobbit yang ditampilkan dalam film besutan sutradara Peter Jackson ternyata menginspirasi Emma Orbach untuk hidup seperti kaum Hobbit.

Dikutip dari Daily Mail, Emma yang merupakan lulusan Oxford University, sudah 13 tahun hidup di rumah berbentuk bundar yang ia bangun sendiri. Di rumah yang ia beri nama Tir Ysbrydol, yang berarti tanah jiwa Emma menanam sendiri makanan yang akan ia masak dan hidup tanpa sentuhan listrik sama sekali.

Rumah mungilnya itu berada di sebuah pegunungan di wilayah Wales Barat, Inggris. Orbach sudah tinggal di sana lebih dari 13 tahun. Ia menanam makanan untuk dirinya sendiri, menciptakan generator untuk menerangi malamnya. Tak heran bila kemudian ia dijuluki Nyonya "Baggins"

Untuk minum, Emma biasa mengambil air dari sungai.Di pekarangan rumahnya, ia juga beternak ayam,kambing, dan memelihara kuda yang kadang dipakainya berjalan-jalan.  Menurutnya, rumah dengan konsep ramah lingkungan ini adalah cara hidup ideal yang membuatnya sangat berbahagia.

Di rumah ini, Emma menjauhkan segala jenis peralatan elektronik, seperti televisi dan berbagai peralatan lainnya. Sebagai ganti, Emma menghabiskan waktu dengan bercocok tanam dan bermain harpa.

Ia tinggal bersama tiga kambing, tujuh ekor ayam dan dua ekor kuda. Ia mendapatkan air dari mata air terdekat dan sesekali datang ke kota untuk membeli beras dan cokelat.

Kini ia tengah berjuang untuk membangun gubuk keenam dan masih akan membangun empat gubuk lagi yang akan dipakai untuk sauna, ruang kerja dan ruang komunitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement