Ahad 23 Dec 2012 18:28 WIB

Aturan Ini Dijamin Membuat Anda Sukses!

Tiger Woods
Foto: REUTERS/Joe Skipper
Tiger Woods

REPUBLIKA.CO.ID, Kesuksesan adalah buah dari latihan. Kalimat ini, sudah pasti menjadi hal yang sudah amat sering kita dengar atau sampaikan.

Tapi, latihan yang rutin dan berkepanjangan, ternyata adalah benar-benar resep manjur dalam meraih kesuksesan. Dikutip dari Daily Mail, penulis bestseller Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers: The Story of Success, menegaskan sekali lagi arti penting kerja keras dan latihan.

Dalam bukunya, Gladwell mengungkapkan, 10 rib jam adalah waktu yang diperlukan bagi setiap orang. apabila ia ingin meraih kesuksesan di bidang tertentu. Angka ajaib 10 ribu jam adalah rata-rata waktu yang dihabiskan untuk berlatih dalam pencapaian kelas dunia. 

Menurut Gladwell, hampir semua tokoh sukses di segala bidang menerapkan hukum 10 ribu jam ini dalam perjalanan kariernya. "Boris Becker, Mozart, Bill Gates, sampai Tiger Woods, telah membuktikannya," ujar Gladwell. 

Namun, istilah hukum 10 ribu jam sebenarnya pertama kali dikemukakan oleh Anders Ericsson, psikolog yang meneliti keberhasilan para pemain biola di Berlin Academy of Music.

Dia menemukan para pemain biola berpenampilan terbaik berlatih paling banyak dibanding kelompok terbaik kedua. Demikian juga kelompok kedua, berlatih lebih banyak daripada kelompok terendah.

Mozart, diperkirakan, pada usianya yang keenam telah berlatih musik selama 3500 jam di bawah bimbingan ayah kandungnya. Demikian pula pecatur Prodigy Bobby Fischer, berlatih keras selama sembilan tahun sebelum meraih level grand master pada usia 17 tahun. 

Hasil yang sama juga ditemui pada atlet, ilmuwan, dan dokter.Sepuluh ribu jam sama dengan berlatih tiga jam sehari selama 10 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement