Ahad 09 Dec 2012 07:39 WIB

Ini 10 Penulis Lagu K-Pop Terpopuler 2012 (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Heri Ruslan
BigBang
Foto: AP Photo/Kin Cheung
BigBang

REPUBLIKA.CO.ID,SEOUL -- Puluhan penulis lagu papan atas Korea Selatan menulis lagu-lagu hits tahun ini. Namun, hanya 10 di antaranya yang benar-benar mencetak banyak lagu yang mempu mengisi tangga lagu teratas di beberapa situs musik populer Korea, Asia, bahkan dunia. Siapa saja mereka? berikut peringkatnya, dikutip dari Soompi, Ahad, (9/12).

1. G Dragon 'BigBang'

Pimpinan grup musik 'BigBang' ini menduduki peringkat teratas sebagai penulis lagu K-Pop terpopuler tahun ini. Jiyong, nama aslinya, menulis total 17 lagu hits tahun ini, dan beberapa di antaranya juga masuk Billboard Amerika. Ia menciptakan sederet lagu untuk grupnya, BigBang, dan juga untuk solonya.

G Dragon menulis dua hits solonya, 'Crayon' dan 'Missing You' bersama sesama produser lagu YG, Teddy. Lagu utama BigBang dialbum terbaru tahun ini yang berjudul 'Monster' juga ditulisnya bersama Choi Pil Gang. Berikutnya 'In the End' bersama Ham Seung Chun.

Lagu yang ditulis G Dragon bersama Teddy, seperti 'Blue' membuat BigBang menanjak ke posisi pertama di tangga lagu bulanan Korea per Maret 2012. BigBang 'Monster' ada di posisi dua per Juni. Berikutnya Bigbang 'Fantastic Baby' menempati posisi keempat per April. Lagu solo G Dragon 'XX' ada di posisi keempat per September, 'Crayon' di posisi lima dan 'Missing You' di posisi delapan per Oktober.

Berikut adalah daftar lengkap lagu hits yang diciptakan G Dragon tahun ini:

G Dragon – Crayon

G Dragon – One of a Kind

G Dragon – That XX

G Dragon – In the End

G Dragon dan Kim Yoon Ah - Missing You

G Dragon dan Kim Jong Wan – Today

BigBang – Still Alive

BigBang – Bingle Bingle

BigBang – Intro

BigBang – Love Dust

BigBang – Fantastic Baby

BigBang – Blue

BigBang – Bad Boy

BigBang – Monster

BigBang – Ego

BigBang – Ain’t No Fun

Daesung 'BigBang' – Wings

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement