Selasa 04 Dec 2012 22:51 WIB

Olahraga Efektif Kembangkan Destinasi Pariwisata

Tour de Singkarak
Tour de Singkarak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya pengembangan dan optimalisasi destinasi pariwisata menjadi tujuan wisata layak jual paling efektif dilakukan melalui penyelenggaraan event olahraga dan budaya.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf), Sapta Nirwandar dalam Seminar Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertema Mengoptimalkan Sungai dan Danau Menjadi Destinasi Wisata Layak Jual di Jakarta, Selasa (4/12).

"Event akan men-'triger' destinasi supaya lebih cepat berkembang," ujarnya. 

Menurut dia, penyelenggaraan event yang menarik di bidang olah raga dan budaya menjadi kunci untuk menjaring pengunjung mendatangi sebuah destinasi dengan cara yang paling cepat dan instan.

Semakin banyak pendatang yang mengunjungi suatu daerah, kata dia, akan mendorong perkembangan sektor pendukung lain dengan lebih cepat.

"Melalui penyelenggaraan event, orang akan datang, selanjutnya hotel dibangun, rumah makan berkembang, pusat ekonomi kreatif pun tumbuh. Akhirnya berkembanglah sebuah destinasi menjadi tujuan wisata yang menarik," katanya.

Ia mencontohkan, event olah raga balap sepeda tahunan Tour de Singkarak, di Sumatera Barat dan event Musi Triboatton di Palembang. Menurutnya kedua event itu ssangat potensial untuk mempromosikan suatu daerah ke level yang lebih luas.

"Kita perlu menjadikan ini sebagai 'strategic plan' untuk pengoptimalan promosi sebuah destinasi wisata," kata Sapta Nirwandar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement