Senin 26 Nov 2012 18:12 WIB

Di India, Muslim Syiah Siksa Diri Sendiri

Rep: Friska Yolandha/ Red: Fernan Rahadi
Ratusan muslim Syiah membawa replika peti mati Imam Hussein dalam prosesi Muharam di kota Allahabad, India Utara.
Foto: Daily Mail
Ratusan muslim Syiah membawa replika peti mati Imam Hussein dalam prosesi Muharam di kota Allahabad, India Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Masih ingat adegan Silas di film Da Vinci Code (2006)? Di dalam sebuah ruangan ia memukul diri sendiri dengan rantai berduri hingga tubuhnya tercabik-cabik dan darah berceceran di lantai.

Hal ini ternyata tidak hanya terjadi di film, namun juga dunia nyata. Seperti terjadi di India, sejumlah Muslim syiah di Mumbai dan Chennai, India, melakukan prosesi menyakiti diri sendiri menyambut datangnya bulan Muharam.

Mereka semua melakukan prosesi tersebut untuk memberikan penghormatan atas kematian pemimpin mereka sekaligus cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein.

Prosesi tersebut dilakukan pada tanggal 10 Muharam yang jatuh pada Sabtu (24/11). Selain menyiksa diri sendiri dengan memukul-pukulkan benda tajam ke tubuh, prosesi penghormatan ini juga termasuk berjalan di atas bara dan menggotong peti mati Hussein. Tentu saja tidak ada jasad di dalamnya.

Di beberapa daerah syiah seperti Afghanistan, Iran, Irak, Turki, Azerbaijan, Pakistan, Lebanon, dan Bahrain, peringatan ini telah menjadi hari libur nasional. Sebagian besar masyarakat Muslim, bahkan masyarakat non-Muslim, ikut berpartisipasi

Prosesi menyakiti diri sendiri ini dilakukan di dalam mesjid maupun di jalanan. Tentu saja hanya laki-laki yang melakukannya di hari Asyura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement