Kamis 25 Oct 2012 07:55 WIB

Cerita dari Harvard School of Law (1) Obama, Michelle, dan Romney

Rep: Nasihin Masha/ Red: M Irwan Ariefyanto
Foto Obama dan Michelle Obama yang tergantung di dinding kantin
Foto: nasihin masha
Foto Obama dan Michelle Obama yang tergantung di dinding kantin

REPUBLIKA.CO.ID, CAMBRIDGE – Ada kebanggaan tersendiri bagi Harvard School of Law (HSL). Dua kandidat Presiden Amerika Serikat yang sekarang sedang bertarung adalah lulusan sekolah hukum terbaik di negeri tersebut. “Tentu kami bangga. Siapapun yang menang, keduanya lulusan kampus ini,” kata Martha L Minow, Senin (22/10).

Rasa bangga itu tersirat jelas dari binar wajah perempuan yang gemar menabur senyum tersebut. Dua kandidat itu adalah Barack H Obama dan Mitt Romney. Obama adalah jagoan Partai Demokrat, sedangkan Romney calon dari Partai Republik. Bahkan sebelumnya Romney adalah Gubernur Massachusetts, wilayah yang menaungi Universitas Harvard. HSL adalah bagian dari universitas tersebut.

Di dinding kantin di sekolah hukum itu hanya ada foto Obama dan istrinya, Michelle. Ya, Michelle juga lulusan HSL. Foto keduanya merupakan foto dokumentasi kampus itu saat keduanya masih kuliah di situ. Hanya saja ada nada getir yang terucap dari Minow. “Saya tidak mengerti mengapa Obama tak pernah menyebutkan bahwa dirinya lulusan kampus ini,” katanya, tetap dengan senyumnya yang berderai. Dua foto itu terpampang di posisi strategis, walaupun kecil. Obama lebih sering mengungkap dirinya sebagai lulusan Universitas Yale. Obama memang kuliah juga di kampus tersebut.

Walau demikian, dari setiap pembicaraan dengan para profesor di HSL, mereka cenderung mendukung Obama. Bahkan ada dua mahasiswa yang ikut berkampanye di kampus itu. Di salah satu sudut kampus, mereka memajang standing banner dari tripleks yang menampilkan Obama dan Michelle.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement