Selasa 02 Oct 2012 22:38 WIB

Pusat Batik Internasional Pekalongan Diresmikan

Batik Pekalongan
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Batik Pekalongan

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN - Wakil Menteri perindustrian Alex S W Retraubun meresmikan pusat batik internasional atau International Batik Center and Craft (IBC) di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa malam. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Bupati Pekalongan Amat Antono.

Alex menyatakan apresiasinya terhadap keberadaan IBC yang dinilai bisa semakin memajukan industri batik di Tanah Air pada umumnya dan di Jawa Tengah pada khususnya. "Ide untuk mendirikan IBC ini sangat brilian," katanya.

Dia juga mendorong, para pengrajin, para pelaku usaha batik dan seluruh pihak terkait lainnya untuk terus berkomitmen mengembangkan dan melestarikan budaya batik Indonesia.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Amat Antono menjelaskan, para pengrajin batik di Pekalongan ingin terus mengembangkan warisan budaya bangsa.

Dia juga menambahkan, pemerintah daerah terus mendukung dan mendorong para pengrajin batik untuk teus mengembangkan usaha dan kreativitasnya.

"Sebagai wujud apresiasi terhadap kerajinan batik yang merupakan warisan budaya bangsa serta dorongan untuk mengembangkan batik khususnya di kota batik telah dibangun sebuah pusat batik internasional atau International Batik Center and Craft (IBC).

Bupati menjelaskan, IBC merupakan salah satu bentuk pengembangan dan promosi industri batik Indonesia serta sebagai ajang untuk mempromosikan Pekalongan sebagai destinasi wisata dan pusat batik dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement