Selasa 02 Oct 2012 21:22 WIB

Inilah 10 Kota Termacet di Dunia (3)

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Karta Raharja Ucu
Seoul, Korea Selatan, macet.
Seoul, Korea Selatan, macet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika di Mumbai, India kemacetan biasanya terjadi karena iring-iringan binatang ternak dan kerumunan pengemis, lain lagi di Lexington, Negara Bagian Kentucky, Amerika Serikat. Di kota itu kemacetan parah bisa terjadi jika ada pertandingan bola basket. (baca: Inilah 10 Kota Termacet di Dunia 1).

Berikut empat kota terakhir dari sepuluh kota dengan masalah kemacetan terparah di dunia versi pembaca BBC. (baca: Inilah 10 Kota Termacet di Dunia 2).

7. Lexington, Kentucky, Amerika Serikat

Jumlah kendaraan yang meningkat pesat menjadi masalah utama di kota negara bagian Kentucky ini. Jalan utama di pusat kota bahkan harus menerapkan sistem buka tutup mengatasi penumpukan kendaraan. Situasi jalanan menjadi makin semrawut dan chaos tiap kali jadwal pertandingan klub bola basket lokal.

8. Seoul, Korea Selatan

Penduduk Korea Selatan terkenal dengan etos kerjanya yang tinggi. Sampai-sampai, para pengendara tak segan-segan menerobos lampu merah. Hal ini terjadi hampir di setiap persimpangan jalan berlampu merah di Seoul.

9. Dhaka, Bangladesh

Dhaka merupakan salah satu kota dengan kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Sayangnya, sistem transportasi umum yang baik tidak tersedia bagi sekitar 15 juta orang yang tinggal dan bekerja di ibukota Bangladesh itu. Di puncak jam-jam sibuk, menempuh 15 kilometer di Dhakan bisa memakan waktu hingga tiga jam.

10. Austin, Texas, Amerika Serikat

Meningkatnya warga kelas menengah menciptakan ledakan jumlah kendaraan di kota ini. Warga setempat masih memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum yang telah dirancang pemerintah kota.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement