Selasa 02 Oct 2012 12:56 WIB

Berkunjung Yuk ke Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta
Foto: Museum Batik Yogyakarta
Museum Batik Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke Museum Batik Yogyakarta. Museum yang berdiri sejak 12 Mei 1977 ini terletak di Jl. Dr Sutomo 13. A Yogyakarta. Museum ini diprakarsai oleh keluarga Hadi Nugroho dengan mengumpulkan koleksi dari kerabat dan keluarganya sendiri.

"Museum ini mengumpulkan batik dari lima generasi, kami mengoleksi batik yang bagus dan kami simpan sampai dimuseumkan," ujar Prayogo, kurator di Museum Batik Yogyakarta saat dihubungi ROL, Selasa (2/10).

Menurut Prayoga, masih banyak yang belum berfikir untuk menyimpan koleksi batik agar bisa dinikmati generasi mendatang. "Ada 1500 kain batik di sini belum termasuk motif batik yang bisa mencapai puluhan ribu, termasuk koleksi dari tahun 1700," imbuh Prayoga.

Koleksi batik di Museum ini terbilang sangat komplit. Koleksi Museum batik dibagi menjadi tiga kelompok, Batik Pedalaman, Batik Pesisiran Daerah dan Peralatan batik Kuno. "Batik dari daerah Yogya, Solo, Pekalongan, Madura  termasuk dalam koleksi batik daerah kita," imbuh Prayoga.

Museum Batik dibuka untuk umum setiap hati Senin-Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB. Tidak hanya menyimpan koleksi batik, Museum Batik Yogyakarta juga menyediakan hotel dan toko batik dan suvenir yang lengkap. Jadi bagi anda yang berwisata ke Yogya, museum batik bisa menjadi alternatif tujuan untuk mengenal budaya Indonesia yang diakui UNESCO sejak 2009 sebagai warisan budaya dunia, batik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement