Jumat 28 Sep 2012 15:17 WIB

'Pesan dari Samudra' Juga Diputar di 180 Negara

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hazliansyah
Mira Lesmana
Foto: Antara Foto
Mira Lesmana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mira Lesmana dan Riri Riza menggarap satu proyek film terbaru berjudul "Pesan dari Samudra". 

Sekjen PMI, Budi A Adiputro mengatakan, selain ditayangkan di seluruh Indonesia, film ini juga akan disebarluaskan ke-180 negara. Ia menargetkan, pesan dalam film ini mampu menjangkau lebih dari 11,5 juta penonton.

Sementara Mira Lesmana mengaku tidak memilik pengetahuan yang cukup dalam penanggulangan bencana. Namun ia mendapat banyak pembelajaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk ia tuangkan dalam film.

Agar film tidak terasa seperti penyuluhan, Mira membalut film dalam kisah drama keluarga. "Pesan yang disampaikan lewat sebuah cerita mampu melekat secara emosional," ucap Mira saat ditemui di Cempaka 6 Galeri, Menteng, Jumat (28/9).

Tidak hanya itu, Riri Riza selaku sutradara juga memasukkan kearifan lokal yang memunculkan karakter pria tua (kakek) yang diperankan Andi Bersama.  "Kakek ini percaya bahwa alam harus dijaga guna terhindar dari bahaya bencana," ucap Riri.

Pesan Dari Samudra merupakan film yang diprakarsai Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Australian Aid dan Australian Red Cross. Lokasi syuting dilakukan di dua tempat yakni Jakarta dan Kabupaten Sikka, NTT.

Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Sugeng Triutomo mengatakan, sebagai negara rawan bencana khususnya gempa bumi, bahkan berpotensi tsunami, sudah sepatutnya Indonesia siap siaga menghadapi segala kemungkinan bencana yang menghampiri.

"Film ini memfokuskan bagaimana menghadapi cara menghadapi gempa dan tsunami," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement