Senin 24 Sep 2012 11:12 WIB

Ada Layar dari Gelembung Sabun?

penelitian (ilustrasi)
penelitian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO-- Pernah melihat gelembung-gelembung sabun yang biasa dimainkan anak-anak? Ya, gelembung udara tercipta atas campuran air di tangan peneliti Universitas Tokyo menjadi salah satu alternatif pilihan layar di masa yang akan datang.

Tim Universitas Tokyo yang terdiri dari Yoichi Ochiai, Alexis Oyama dan Keisuke Toyoshima, berhasil menghasilkan layar yang menggunakan gelombang suara ultrasonik guna mengubah properti film dan menciptakan gambar datar atau 3D. Namun campuran gelembung ini lebih rumit dibanding gelembung yang biasa dimainkan anak-anak.

Mereka menyatakan, penemuan ini akan menjadi layar transparan tertipis di dunia. “Permukaan gelembung sabun adalah membran mikro. Bagian ini membuat cahaya bisa tembus dan menampilkan warna di strukturnya,” kata Yoichi Ochiai, kepala peneliti dari University of Tokyo sepeti dikutip dari uniknya.com.

Mereka menyebut ini sebagai layar ultra tipis BRDF (Bidirectional Reflectance Distribution Function) ini menggunakan campuran dua cairan colloidal. Anda penasaran? silahkan lihat videonya.

http://www.youtube.com/watch?v=tvxJs_4m0ZE&feature=player_embedded

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement