Jumat 14 Sep 2012 07:08 WIB

Christine Hakim Filmkan Keindahan Halmahera Utara

Christine Hakim
Foto: Antara
Christine Hakim

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI -- Setelah berperan sebagai Wayan dalam film Hollywood Eat Pray Love, artis kawakan Christine Hakim kini sibuk mendokumentasikan keindahan Halmahera Utara.

"Nawaitunya (niatnya) membuat dokumentasi sampai selesai keindahan atau kecantikan dan kehebatan Halmahera Utara bukan hanya sekedar Morotai," kata Christine di atas kapal riset BPPT Baruna Jaya III, Morotai, Halmahera Utara, Rabu.

Morotai sangat penting peranannya bukan saja untuk Indonesia, tapi juga untuk perjalanan sejarah dunia, ujar dia.

"Bayangkan bagaimana Jenderal McArthur mengatur strategi untuk menjatuhkan bom atom ke Nagasaki dan Hiroshima yang kemudian menghentikan perang dunia II dari tempat ini," lanjutnya.

Belum lagi sejarah prakolonial di mana empat Kesultanan di Halmahera Utara ini begitu berperan terhadap sejarah Indonesia. "Yang sudah kita datangi Kesultanan Ternate, Tidore, Jailolo, yang belum Bacan," ujar wanita kelahiran Jambi ini.

Saat ditanya apa kendala yang dihadapi saat membuat film dokumenter, wanita dengan nama lengkap Herlina Christine Natalia Hakim ini spontan menjawab sambil tertawa,"dana!"

Saat ini film dokumenter tentang Halmahera Utara yang ia garap masih dalam masa perampungan. Ia masih harus mendokumentasikan Kesultanan Bacan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement