Kamis 06 Sep 2012 14:06 WIB

Rumah Segar Berkat Tanaman, Inilah Kiatnya

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Endah Hapsari
Tanaman hias (ilustrasi)
Foto: kriyayoga
Tanaman hias (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin rumah Anda tampak alami dan terasa segar? Cobalah 'bermain-main' dengan tanaman. Anda, terutama yang selama ini tak begitu akrab dengan tanaman, boleh jadi akan ragu untuk menerapkan saran ini. "Tapi yakinlah, mendekor ruang dengan tanaman sebenarnya sangat mudah asal Anda tahu sedikit saja kuncinya," kata Mary Gauden, seorang desainer interior dari Amerika. 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan tanaman berikut vas atau potnya dengan besar kecilnya ruangan di mana tanaman itu akan ditempatkan. Jangan lupa gunakan warna dan tekstur untuk menciptakan kedalaman dan keseimbangan visual. "Dan satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah dinding. 

Apakah dinding yang akan jadi latar belakang tanaman itu dilapisi wallpaper ataukah dinding tembok yang dibalur cat," lanjut Gauden. 

Nah, berikut ini Gauden memberikan beberapa tips dalam 'mempermainkan' tanaman di beberapa ruang. Ternyata masing-masing ruang tak bisa dihias dengan sembarang tanaman. Untuk dapur misalnya, pilihlah tanaman-tanaman menjuntai lalu tempatkanlah ia di puncak lemari dapur (kitchen set). Jika di dekat kitchen set ada meja makan, atau meja lainnya, hiasilah ia dengan tanaman yang berbunga. 

Dan bila Anda menggunakan wallpaper pilih bunga yang warnanya senada dengan warna wallpaper. Bisa juga Anda tambahkan aksen lain di sudut dapur Anda, yang tak cuma akan menambah cantik tapi juga praktis. Caranya, tanamlah tumbuhan yang biasa digunakan untuk bumbu atau sayur. Misalnya, seledri, daun bawang, dan sebagainya. "Untuk semua ini, Anda harus pastikan bahwa dapur Anda cukup mendapatkan cahaya matahari." 

Bagaimana dengan ruang keluarga? Untuk ruang ini, pilihlah tanaman yang bisa menghadirkan nuansa keakraban. Ingat pula, gunakan tanaman yang senada dengan warna, gaya furnitur, maupun hiasan dinding di ruangan itu. Tanaman pakis-pakisan adalah salah satu contoh tanaman yang cocok untuk ruangan ini. Begitupun dengan tanaman berdaun indah seperti ivy. 

Tak cuma dapur dan ruang keluarga. Kamar mandi pun perlu bersolek dengan tetumbuhan. Khusus untuk tempat ini, pilih tanaman yang mampu hidup dalam kondisi kelembaban tinggi. Sebut saja misalnya bromelia, begonia, dan pakis. Anda tentu tak sabar lagi untuk segera bergelut dengan tanaman, bukan? Selamat mendekor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement