Kamis 06 Sep 2012 11:08 WIB

Supaya Keuangan Keluarga tidak Jebol, Inilah Tipsnya

Rencanakan keuangan keluarga sejak dini/ilustrasi
Foto: bankonyourself.com
Rencanakan keuangan keluarga sejak dini/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dorothy Powell, penasihat Investasi Georgia Pacific Securities, mengungkap sejumlah tips untuk memulai pembuatan anggaran keuangan keluarga.

* Bagi pemula pertanyaan yang pertama mengemuka pastilah mau mulai dari manakah saya. Mulailah saat ini juga di mana pun Anda berada. Inventarisasi apa saja yang Anda miliki baik uang kontan, investasi, rumah, ataupun benda yang bisa diberikan ke orang lain. Sempatkanlah untuk memberikan perhatian pada orang yang kurang beruntung. Langkah selanjutnya tulislah daftar keinginan yang harus dipenuhi.

* Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keyakinan. Tanamkan dalam benak Anda bahwa jika kita percaya bisa memiliki sesuatu kita bisa memilikinya. Mulailah dengan memikirkan satu cara sebagai langkah pertama hari ini juga. Kemudian jalankanlah. Misalnya jika saat ini Anda terlilit utang, segera kurangi baik dengan pengetatan ikat pinggang atau bekerja lebih keras lagi.

* Jika Anda pernah merasa gagal dalam menjalankan anggaran belanja jangan patah semangat. Kita sering kali berpikir,''Apa gunanya aku membuat anggaran toh tidak bisa kujalankan. Lalu apa yang harus kulakukan?'' Katakan pada diri Anda sendiri: Aku punya alasan dan tujuan tertentu dalam membuat anggaran ini dan pilihanku adalah menciptakan reaksi paling positif semampuku. Nah sekarang kembalilah ke jalur yang sudah Anda buat sendiri.

* Salah satu cara menginvestasikan uang adalah dengan menanamkannya di pasar modal. Namun kadangkala muncul keraguan dalam diri kita untuk berinvestasi ketika dunia dilanda resesi ekonomi dan di tengah kelesuan pasar modal. Tapi ternyata beberapa bulan terakhir ini investor yang mempunyai surat obligasi bisa meraih keuntungan di tengah rendahnya tingkat suku bunga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement