Senin 03 Sep 2012 14:06 WIB

Mau Beli Televisi Baru? Simak Dulu 7 Kiat Berikut

Display televisi di sebuah super market
Foto: republika
Display televisi di sebuah super market

REPUBLIKA.CO.ID, Layar datar atau bukan, semua tergantung 'kantong' dan kebutuhan. Tips berikut barangkali dapat membantu Anda yang ingin membeli televisi baru: 

1. Sesuaikan televisi dengan kebutuhan. Kalau kita merasa perlu membeli televisi dengan banyak fitur seperti fitur picture in picture kita bisa memilih televisi yang mempunyai program tersebut, namun bila kita merasa itu tidak terlalu penting, belilah televisi konvensional yang harganya jauh lebih murah. 

2. Sesuaikan dengan kapasitas ruangan di rumah yang kita miliki untuk mengukur inci yang diperlukan. Minimal jarak televisi dengan tempat kita menonton adalah jarak 5 X diagonal televisi. Jangan membeli TV yang terlalu besar bila ruangan kita tidak memadai karena dikhawatirkan dapat merusak mata. 

3. Perhatikan apakah TV tersebut membutuhkan power yang besar pada waktu pertama kali dinyalakan. Jika iya, maka perlu dipertimbangkan dengan kapasitas tegangan listrik di rumah Anda, karena kebanyakan rumah tangga di Indonesia memiliki kapasitas tegangan yang terbatas. 

4. Cepat atau lambatnya gambar yang keluar pada saat dinyalakan juga harus menjadi pertimbangan. Gambar yang lambat keluarnya pertanda televisi tersebut kurang baik. 

5. Perhatikan komponen flyback-nya karena komponen tersebut lah yang paling rentan terhadap kerusakan. 

6. Bila TV ngadat atau rusak sebaiknya servis di tempat servis resmi merek yang bersangkutan karena selain lebih menjamin keaslian suku cadang juga lebih terjamin dengan adanya tenaga-tenaga mekanik profesional. 

7. Pilih televisi dari merek yang sudah terjamin kualitasnya karena pada umumnya merek-merek terkenal mempunyai standar yang sudah terjamin dan diakui internasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement