Senin 03 Sep 2012 15:07 WIB

Pindah Kerja dengan Sukses, Begini Tips Jitunya

Ilustrasi wanita karir
Ilustrasi wanita karir

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang berpendapat bahwa mendapatkan pekerjaan baru saat kita masih 'terdaftar' di suatu perusahaan, biasanya cukup mudah.

Sebenarnya, kuncinya terletak pada kepiawaian kita mengatur waktu dalam mencari pekerjaan baru tersebut, seperti mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membuat resume, bahkan melakukan interview disela-sela waktu kerja, agar tidak mengganggu pekerjaan yang ada.

Di sini, target utama yang harus dicapai adalah mendapatkan pekerjaan baru tanpa 'mengganggu' reputasi kita di mata rekan sekerja, terutama atasan kita.

Untuk mencapainya ada beberapa tips jitu yang bisa dicoba :

Gunakan akal sehat Anda.

Jangan gunakan e-mail perusahaan baik untuk mengirim resume atau surat lamaran. Seluruh kegiatan e-mail Anda akan mudah dilacak.

Jangan terlampau sering mengirim resume /surat lamaran via internet dalam hari yang sama. Cepat atau lambat rekan-rekan sekantor akan mengetahuinya.

Buat e-mail terpisah dari e-mail perusahaan Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuka account pribadi di servis e-mail gratis yang banyak terdapat di internet (www.hotmail.com, www.yahoo.com, dll). Gunakan hanya e-mail pribadi yang Anda miliki untuk keperluan mencari kerja.

 

Diam itu emas

Jangan terlampau cepat mengumumkan kepada rekan sekerja mengenai rencana kepindahan Anda. Kebanyakan dari kita tak dapat menahan diri untuk langsung 'mengumumkan' kepada khalayak ramai saat kita baru memenuhi panggilan pertama.

Hati-hati dengan hal ini. Mungkin Anda akan berpikir ''Boss saya harus tahu bahwa ketrampilan saya memang dibutuhkan banyak orang.''

Hal ini akan berakibat fatal karena selain semua orang akan tahu mengenai rencana ini, Andapun akan masuk dalam daftar orang-orang yang sudah tidak betah lagi bekerja di tempat kerja sekarang..

 

Perhatikan meja kerja

Jangan tinggalkan catatan-catatan penting seperti nomor telepon dari perusahaan yang Anda tuju, berkas-berkas resume yang salah cetak ataupun brosur-brosur tentang perusahaan tujuan Anda di meja kerja anda.

 

Tanggung jawab tetap utama

Jangan lupa untuk menyelesaikan tanggung jawab di tempat yang lama walaupun Anda telah diterima di tempat baru.

Minggu terakhir di tempat lama merupakan saat-saat yang sangat penting karena semua orang akan memperhatikan Anda.

Selesaikan tugas-tugas terakhir dari atasan sebaik mungkin. Berikan kesan yang baik pada perusahaan saat terakhir Anda meninggalkannya. 

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement