Kamis 30 Aug 2012 13:06 WIB

Mau Jago Reparasi? Kenalan Dulu dengan Kunci Satu Ini

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Kunci inggris
Foto: udyz.heck.in
Kunci inggris

REPUBLIKA.CO.ID, Urusan mengeratkan dan mengendorkan sekrup, mur, dan pipa, serahkan pada keluarga ini. Kunci inggris. Alat ini layak masuk dalam kotak perkakas Anda. Mengapa? Lihatlah apa saja yang bisa mereka lakukan.

* Kunci inggris disebut juga kunci geser atau kunci sabit. Ia mengacu pada kunci yang cocok dengan berbagai ukuran mur atau baut sepanjang masuk dalam kapasitas terbukanya. Ukuran cengkeramnya bisa disesuaikan karena ia punya satu penjepit yang dapat digerakkan dan satu lagi yang statis. Penjepitnya halus tak bergerigi.

Alat ini digunakan untuk memutar mur, baut, pengepasan pipa kecil yang bisa rusak bila menggunakan kunci inggris ledeng. Putar kunci sehingga benda pas tercengkeram. Dalam cengkeraman kuat, kekuatan putar kunci lebih besar ketimbang cengkeraman yang longgar. Kunci inggris bisa digantikan fungsinya dengan kunci pas. Hanya saja, ukuran kunci pas tak bisa diatur, melainkan dipilih ukurannya yang sesuai dengan mur atau bautnya.

* Kunci inggris untuk ledeng. Nama lain sahabat tukang ledeng ini adalah kunci pipa dan kunci Stillson. Ia diperlukan untuk mengetatkan dan mengendorkan pipa ledeng. Kunci ini dirancang untuk memutar pipa bergalur (berdrat), penjepit kunci ini mempunyai gigi bergerigi untuk memberikan kekuatan cengkeram lebih besar. Penjepit kunci bagian atas bisa digerakkan sedangkan yang bawah statis.

Saat menggunakannya, sesuaikan penjepit sebelah atas dengan memutar-mutar tombolnya. Untuk urusan ledeng, biasanya orang menggunakan dua kunci, khususnya bila pipa sudah terpasang: satu kunci untuk pipa yang terpasang, yang lain untuk memutar pipa atau memasangnya. Kunci inggris jenis ini juga bisa untuk melonggarkan mur yang gepeng atau baut yang mencuat gara-gara penggunaan kunci atau tang yang selip.

* Kunci kombinasi. Kunci ini memberi Anda pilihan pada dua ujungnya dengan ukuran yang sama untuk mengendorkan atau mengetatkan mur atau baut. Ujung yang berbentuk seperti bulan sabit disebut pas fungsinya untuk mengendorkan mur atau baut. Sedangkan yang berbentuk cincin disebut ring, fungsinya untuk mengetatkan mur atau baut tersebut. Di pasar, Anda bisa temukan kunci pas dan ring ini secara terpisah dengan berbagai ukuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement