Selasa 28 Aug 2012 16:48 WIB

Perempuan Paling Berpengaruh? Oprah Winfrey Juaranya

Rep: wulan tunjung palupi/ Red: M Irwan Ariefyanto
Oprah Winfrey
Foto: AP
Oprah Winfrey

REPUBLIKA.CO.ID,Oprah Winfrey menduduki peringkat paling tinggi dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia 2012 versi majalah Forbes. Pemilik Harpo Studio itu berada di posisi ke-11, di mana posisi satu sampai 10 diisi oleh para perempuan pemimpin dunia.

Posisi pertama ditempati oleh Kanselir Jerman Angela Merkel yang pada tahun lalu juga merajai daftar tersebut. Berada di posisi runnerup adalah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton. Menyusul di posisi ke tiga yakni Dilma Rousseff yang merupakan Presiden Brasil.

Mereka yang masuk dalam 10 besar tidak seluruhnya merupakan pemimpin negara, Linda Gates, istri pendiri Microsoft Bill Gates, berada di posisi nomor empat dengan yayasan Bill & Melinda Gates yang dipimpinnya.

Sementara itu, istri Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, yakni Michelle Obama, mengekor di posisi tujuh. Tahun ini, peringkat Ratu Elizabeth II meroket dari tahun lalu di posisi 49 ke posisi 26.

“Tahun ini cara-cara perempuan di daftar ini untuk memberikan dampak positif bagi dunia makin bervariasi. Tetapi, semuanya ber dampak pada komunitas global,” ucap Kepala Forbes Woman Moira Forbes seperti dikutip Female First.

Setiap tahunnya majalah ekonomi tersebut merilis daftar orang-orang terkaya atau paling berpengaruh di seluruh dunia. Dimulai dari 2004 mereka mulai membuat daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia. Penilaiannya dititikberatkan pada pengaruh dan dampak ekonomi yang dihasilkan para tokoh tokoh perempuan ini.

Mary Ellen Egan adalah editor mereka yang menyaring dan menyeleksi nama-nama yang pantas menduduki daftar tersebut. Nama Oprah Winfrey memang bisa dibilang sebagai selebritas yang langganan masuk dalam daftar tersebut.

Pada tahun ini, di peringkat 11 Oprah mengalahkan selebritas Hollywood lainnya. Para penyanyi dan aktris seksi mana pun belum mampu menandingi Oprah dalam hal ini.

Sebut saja si “Poker Face” Lady Gaga. Si eksentrik ini hanya mampu bertengger di posisi 14. Sementara, penyanyi Beyonce Knowles harus rela berada di ranking 32. Kemudian, Shakira berada di peringkat 38, Ellen DeGeneres di posisi 48, Angelina Jollie di nomor 66, dan penulis Harry Potter, JK Rowling, hanya menempati ranking 78.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement