Rabu 15 Aug 2012 10:08 WIB

Hijab Nyaman untuk Lebaran, Seperti Apa Ya?

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Endah Hapsari
Tak hanya cantik dan trendi, hijab juga harus nyaman dipakai/ilustrasi
Foto: style.pk
Tak hanya cantik dan trendi, hijab juga harus nyaman dipakai/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menyambut Idul Fitri atau saat beraktivitas luar ruangan kerap kali membuat kepala yang tertutup hijab menjadi lembab karena berkeringat. Apalagi, ketika cuaca panas seperti saat ini.

 

Kendati begitu, perancang busana Muslim, Jenahara Nasution, mengatakan terik matahari harusnya bukan menjadi halangan. Triknya terletak pada pemilihan jenis kerudung. “Pakai kerudung yang bahannya enak dan dingin,” kata Jenahara. 

Kerudung berbahan spandex, kaus, atau sejenisnya menjadi pilihan utama. Bahan-bahan tersebut cocok dipakai untuk kegiatan luar,karena mampu menyerap keringat. Jenahara mengatakan, kerudung dari spandex atau kaus juga sangat nyaman dan memberi efek dingin. Keringat di kepala jadi mudah terserap hingga rasa gatal dapat dihindari. 

Bahan jenis kaus atau spandex pun kini tampil dalam wujud yang gaya, bisa untuk ke kantor atau sekadar hang out. Meski modelnya beragam, Jenahara menyarankan memadankannya dengan gaya busana yang simpel. Hingga kerudung lebih mudah dibuka pasang saat ingin shalat. 

Jenahara juga berpesan, hindari pemakaian kerudung berwarna hitam pada siang hari yang terik ketika berada di alam terbuka. Warna hitam cenderung menyerap panas. Meskipun bahan yang dikenakan sudah berjenis kaus, tetap saja akan terasa panas di kepala. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement