Sabtu 11 Aug 2012 02:22 WIB

Inilah Keuntungan Berkebun di Rumah

Rep: MG05/ Red: Dewi Mardiani
Taman indah di lahan sempit
Foto: hometrendy.org
Taman indah di lahan sempit

REPUBLIKA.CO.ID, Berkebun di rumah atau di lahan yang cukup luas, bisa juga dijadikan ajang berlibur. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Ada tiga keuntungan dalam kegiatan berkebun di lahan sempit (urban farming) ini, kata Arsitek Ridwan Kamil atau kerap disapa Kang Emil, yaitu:

1. Ekologi

Ingatan anak-anak mengenai  bermacam-macam bentuk daun, berbagai jenis akar, nama bunga dan bagian-bagiannya, nama buah dan bagian-bagiannya hanya sebatas hafalan di Sekolah Dasar. Tetapi apa  manfaat cacing yang hidup di tanah dan rantai makanan yang terjadi mungkin mereka lupa. Disinilah anak bisa belajar mengenai tumbuhan dan bagaimana tanaman itu bisa tumbuh.

2. Edukasi

 

Selain pelajaran biologi diatas, pelajaran yang dapat diambil adalah memunculkan kreativitas pada anak. Bagaimana cara anak menanam dan merawat tanamannya agar tumbuh subur sampai siap untuk dipanen nantinya.

3. Ekonomi

Merujuk pada hasil akhir berkebun yang sukses, pastinya panen akan berlimpah, dan bisa dikonsumsi kelurga. Kalaupun tetap berlebih, hasil panen bisa dijual dengan dititipkan  pada tukang sayur ataupun dijual.

Kang Emil menambahkan, melalui urban farming ini, dia mengajak untuk menciptakan Indonesia yang hijau dan bisa menjadi produsen utama sayuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement