Selasa 31 Jul 2012 02:18 WIB

Pakar Neurosains Luncurkan Panduan Kesehatan Spiritual

kampus umj
Foto: umj
kampus umj

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pakar neurosains asal Manado, Dr dr Taufiq Pasiak MPd Mkes, bakal meluncurkan buku terbarunya yang berjudul "Tuhan dalam Otak Manusia: Mewujudkan Kesehatan Spiritual Berdasarkan Neurosains" di Jakarta, Selasa (31/7). Dia akan mengupas buku tersebut untuk mengangkat kesehatan spiritual.

Pada peluncuran buku di aula Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta tersebut, konsultan di Centre For Neuroscience Health and Spirituality UIN Kalijaga Yogyakarta ini akan membahasnya bersama Wakil Ketua KPK Dr M Busyro Muqoddas, Gubernur Sulut Dr Sinyo H Sarundajang, dengan moderator Ketua Umum IDI 2012-2015 dr Zainal Abidin MKes.

"Inti dari buku ini adalah spiritualitas itu memiliki efek mengoptimalkan kesehatan, menumbuhkan integritas dan merupakan jalan bagi kebahagiaan," kata dosen di Fakultas Kedokteran Unsrat Manado tersebut, Senin (30/7).

Buku ini membahas sebuah wacana baru dalam bidang kedokteran, yaitu kesehatan spiritual. Penulis memaparkan perkembangan-perkembangan sains, di antaranya disiplin baru neurosains spiritual, yang menunjukkan hubungan erat antara spiritualitas, cara kerja otak, dan kesehatan.

Dalam buku ini pembaca akan menemukan informasi-informasi berharga tentang definisi dan urgensi kesehatan spiritual, hubungan antara otak dan sikap keberagamaan, pengaruh keimanan terhadap kesehatan dan contoh-contoh pengukuran ilmiah tentang tingkat spiritualitas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement