Jumat 27 Jul 2012 14:20 WIB

Siapa Wanita Modis di Samping Jong-un?

Rep: teguh firmansyah/ Red: M Irwan Ariefyanto
  Pemimpin Korut Kim Jong Un didampingi isteri Ri Sol Ju.
Foto: AP
Pemimpin Korut Kim Jong Un didampingi isteri Ri Sol Ju.

REPUBLIKA.CO.ID,PYONGYANG -- Teka-teki wanita yang mendampingi pemimpin muda Korea Utara, Kim Jongun, dalam penampilannya bulan ini akhirnya terkuak. Ia adalah Ri Solju, seorang mantan penyanyi yang kini telah dipersunting oleh Jongun. Kabar seputar resepsi pernikahan dan jalinan asmara di antara keduanya memang masih misteri. Namun, media Korea Selatan mengungkapkan, ketertarikan Jongun terhadap Ri Solju bermula saat wanita itu bernyanyi di atas panggung. Solju berhasil menarik hati putra Kim Jongil tersebut.

Penampilan Solju terbilang modis. Dalam satu penampilan, Solju yang berambut pendek terlihat tersenyum mengenakan pakaian terusan panjang hitam dipadukan dengan blazer motif polkadot merah hitam. Belum diketahui pasti berapa usia ia sebenarnya. Meski demikian, umur Solju diyakini sudah memasuki kepala 20.

Bagi banyak pihak simbol marital Jongun bukan suatu hal biasa. Sejumlah analis mengatakan, kehadiran Solju menandakan hadirnya dinasti kepe mim pinan baru di Korut. Kim Jongun tidak akan lagi dianggap sebagai anak kecil. Harga diri dan kewibawaannya di mata publik akan meningkat. “Dengan kehadiran istrinya saat ini, ia dapat menunjukkan dirinya se bagai kepala rumah tangga dan se orang dewasa,” ujar Chang Yongsuk, pengamat dari Institut untuk Perdamaian dan Unifikasi di Universitas Nasional Seoul, dikutip AFP, Kamis (26/7) Kantor berita Korsel, Yonhap, mengatakan Solju telah mengikuti kursus selama enam bulan untuk dipersiapkan menjadi first lady.

Surat kabar Chosun Ilbo mengatakan, Solju aktif di Orkestra Unhasu Korea Utara hingga tahun lalu. Ia juga telah menunjukkan kemampuannya di depan Jongun dan ayahnya pada pergantian malam tahun baru 2010 silam. Wanita lulusan Universitas Kim Il sung tersebut berasal dari provinsi di timur laut, Hamkyong Utara. Ayahnya merupakan seorang akademisi dan ibunya adalah dokter. Surat kabar Dong A Ilbo bahkan mengungkapkan keduanya telah menikah pada 2009 lalu.

sumber : afp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement