Rabu 11 Jul 2012 23:47 WIB

Ramang 'Macan Bola' akan Difilmkan

Ramang
Foto: antara
Ramang

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR -- Kisah hidup dan karir pemain sepakbola legendaris Indonesia kelahiran Sulawesi Selatan, Ramang, akan difilmkan sesuai judul asli buku karya M Dahlan Abubakar "Ramang Macan Bola".

Salah seorang pemrakarsa pembuatan film tokoh sepakbola internasional asal Indonesia itu adalah Lina Husaini. Perempuan  kelahiran Makassar ini selama hampir tiga jam bertemu dengan penulis buku Ramang di Kantor KONI Sulawesi Selatan, di Makassar, Rabu (11/7).

Dalam pertemuan empat mata tersebut, Lina Husaini menjelaskan ide awal pembuatan film Ramang ini. Dia mengatakan, semula teman produser menjatuhkan pilihan pada peristiwa sejarah di Sulsel, yakni Westerling untuk dilayarlebarkan. Namun, dia mengajukan usul bahwa nama Ramang jauh lebih positif jika diangkat ke layar perak.

"Nama Ramang tidak pernah mati. Buktinya, biar sosoknya sudah meninggal dunia, tetapi Ramang selalu disebut `sudah tua' (toa mi Ramang)," kata Lina.

Menurut Lina, dari segi promosi, nama Ramang sudah lebih cukup dikenal di kalangan pecinta sepakbola di Indonesia.''Kalau selama ini orang sudah membaca bukunya, jika nanti diketahui ada filmnya, tentu publik sepakbola ingin menyaksikannya," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya juga berencana `sowan` (minta izin) pada keluarga besar Ramang sehubungan dengan adanya rencana pembuatan film mengenai pemain bola yang meninggal dunia tahun 1987 tersebut. Ia optimistis masyarakat Sulawesi Selatan akan memberikan dukungan terhadap rencana pembuatan film ini.

Dahlan Abubakar, selaku penulis buku "Ramang Macan Bola" menyambut baik rencana tersebut sebagai upaya transformasi nilai-nilai kejuangan, khususnya semangat berprestasi di cabang olahraga sepakbola kepada generasi muda bangsa.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement